Yulia, Santi Fitri
(2014)
PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) PADA KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) yang terdiri dari
Kesadaran Merek (Brand Awareness), Persepsi Kualitas (Perceived Quality), Asosiasi Merek (Brand
Association), dan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie.
Metode Analisis data yang digunakan adalah uji analisis faktor, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik yaitu uji
normalitas, Anallisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Parsial (Uji Statistik t), Uji Simultan
2
(Uji Statistik F), dan Uji Koefisien Determinasi (R ). Pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan SPSS 15.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai
sampel penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan metode analisis regresi linier
berganda menunjukkan bahwa elemen ekuitas merek Indomie yang terdiri dari Kesadaran Merek , Persepsi
Kualitas, dan Loyalitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie
instan merek Indomie, sedangkan Asosiasi Merek berpengaruh positif tapi tidak signifikansi terhadap keputusan
pembelian produk Mie Instan merek Indomie.Berdasarkan uji-t bahwa dari keempat variabel bebas yang paling
dominan mempengaruhi keputusan pembelian Mie Instan merek Indomie adalah Loyalitas Merek (X4) dengan
2
nilai t-hitung 9,853. Analisis koefisien determinasi didapat nilai Adjusted R sebesar 59,0% yang berarti variabel
terikat yaitu keputusan pembelian dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel bebas yaitu kesadaran merek
(Brand Awarenes), Persepsi Kualitas (Perceived Quality), Asosiasi Merek (Brand Association), dan Loyalitas
Merek (Brand Loyalty) dan sisanya 41% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian
ini.
Kata Kunci: ekuitas merek dan keputusan pembelian
ABSTRAK
This study aims to determine the effect of Brand Equity (Brand Equity) consisting of brand awareness
(brand awareness), Perception of Quality (Perceived Quality), the Association of Trademark (Brand Association),
and Brand Loyalty (Brand Loyalty) On Buying Decision Indomie Brand Instant Noodles . The data analysis
method used is the test of factor analysis, reliability test, test test for normality assumption, namely Classical,
Anallisis Multiple Regression, Hypothesis Testing consisting of Partial Test (Test Statistic t), Simultaneous Test
(Test Statistic F), and Test Coefficient of Determination (R2). The process is done by using SPSS 15. The data
used are primary and secondary data. This study uses a sample of 100 respondents of the study. These results
indicate that analysis of the data by the method of multiple linear regression analysis showed that the brand
equity elements Indomie consisting of brand awareness, quality perception and brand loyalty has positive and
significant impact on purchasing decisions Indomie brand of instant noodle products, while the brand association
has positive but no significance to the decision of purchasing the product brand Indomie Instant Noodles. Based
on that t-test of the four independent variables are the most dominant influence purchasing decisions Indomie
Instant Noodles brand is Brand Loyalty (X4) with t-calculated value of 9.853. Analysis Adjusted coefficient of
determination R 2 values obtained at 59.0% which means that the dependent variable is the purchase decision can
be explained using independent variables, namely the awareness of the brand (Brand Awarenes), Perception of
Quality (Perceived Quality), the Association of Trademark (Brand Association), and Brand Loyalty (Brand
Loyalty) and the rest 41% influenced by other variables not included in this study.
Keyword : brand equity dan purchase dicision
Actions (login required)
|
View Item |