Repository Universitas Andalas

KAJIAN DAN STRATEGI PENERAPAN SAK TERBARU OLEH PERUSAHAAN (Kajian Empiris pada PT. Semen Padang dan PT. BPD Sumatera Barat)

Yanti, Suci Afri (2014) KAJIAN DAN STRATEGI PENERAPAN SAK TERBARU OLEH PERUSAHAAN (Kajian Empiris pada PT. Semen Padang dan PT. BPD Sumatera Barat). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (412Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang telah dilakukan dan tengah direncanakan oleh perusahaan terkait penerapan SAK terbaru (yang konvergen dengan IFRS) dalam pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang melibatkan lebih dari satu perusahaan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan beberapa narasumber. Sementara untuk data sekunder didapat dari penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan berbagai macam informasi terkait hasil temuan yang tidak diperoleh melalui prosedur kuantifikasi maupun perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan telah melakukan berbagai strategi seperti SDM, sistem IT, dan pendanaan terkait penerapan SAK terbaru. Perusahaan juga tengah merencanakan beberapa strategi terkait penerapan SAK terbaru dalam pencatatan dan pelaporan keuangan di tahun 2012. Kata Kunci : Kajian dan Strategi Penerapan, SAK Terbaru, IFRS, SDM, Sistem IT, Pendanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:39
Last Modified: 12 Apr 2014 04:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item