Repository Universitas Andalas

PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK TITHONIA DENGAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.)

KURNIA, FITRI (2014) PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK TITHONIA DENGAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (263Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang pengaruh kombinasi dosis pupuk tithonia dengan pupuk urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo (Oryza sativa L.) telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juli sampai Desember 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kombinasi dosis pupuk tithonia dengan pupuk urea yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo. Percobaan ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima perlakuan dan empat kelompok. Perlakuan yang diberikan adalah beberapa kombinasi dosis pupuk tithonia dengan pupuk urea yaitu 100% tithonia + 0% urea, 75% tithonia + 25% urea, 50% tithonia + 50% urea, 25% tithonia + 75% urea dan 0% tithonia + 100% urea. Data hasil pengamatan tinggi tanaman, jumlah anakkan maksimum, jumlah anakan produktif per rumpun, umur berbunga, umur panen, jumlah gabah per malai, persentase gabah bernas, bobot gabah kering per malai, bobot 1.000 butir, hasil tanaman per plot dianalisis secara statistik yang menggunakan uji F pada taraf nyata 5% dan F hitung perlakuan yang berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji Ducan’s new Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian kombinasi dosis tithonia dengan urea 50%+50% memberikan pengaruh yang lebih baik pada jumlah gabah per malai dan bobot gabah kering per malai tanaman padi gogo (Oryza sativa L.). Kata Kunci: padi gogo, tithonia, urea.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:43
Last Modified: 12 Apr 2014 04:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item