Repository Universitas Andalas

ANALISIS STABILITAS DINDING GABION DENGAN DAN TANPA PERKUATAN GEOTEXTILE (STUDI KASUS RUAS JALAN BATAS KOTA PADANG-LUBUK SELASIH STA 16+875)

FAJRI ARCHAM , MUHAMMAD (2014) ANALISIS STABILITAS DINDING GABION DENGAN DAN TANPA PERKUATAN GEOTEXTILE (STUDI KASUS RUAS JALAN BATAS KOTA PADANG-LUBUK SELASIH STA 16+875). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover dan Abstrak)
Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (173Kb) | Preview

Abstract

Dinding penahan tanah dan perkuatan lereng dengan menggunakan geotextile merupakan sebagian cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kestabilan suatu lereng. Kestabilan tersebut ditentukan dengan nilai faktor keamanan (FS). Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa stabilitas dinding penahan tanah berupa gabion tanpa perkuatan dan menganalisa stabilitas gabion dengan perkuatan geotextile. Penelitian dilakukan pada ruas jalan batas kota Padang-Lubuk Selasih Sta 16+875. Metode yang digunakan dalam analisis stabilitas gabion adalah menggunakan teori Rankine, Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa gabion tanpa perkuatan memiliki FS terhadap guling, geser, dan daya dukung berturut-turut sebesar 4,218, 1,94, 4,427, sedangkan gabion dengan menggunkan perkuatan geotextile memiliki factor keamanan terhadap guling, geser, dan daya dukung sebesar 13,74, 3,66, 8,804. Sedangkan untuk gabion tanpa perkuatan geotextile menggunakan program plaxis pada Sta.16+875 faktor perpindahan yang terjadi yaitu 7,53 mm, sedangkan untuk kondisi gabion menggunakan perkuatan geotextile faktor perpindahan yang terjadi memiliki nilai 7,30 mm. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa stabilitas dinding gabion semakin besar dengan memberikan perkuatan geotextile pada dinding gabion tersebut. Kata kunci : gabion, geotextile, stabilitas, faktor keamanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:44
Last Modified: 12 Apr 2014 04:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item View Item