Repository Universitas Andalas

PROSEDUR PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK NAGARI CABANG PEMBANTU BYPASS PADANG

Vidiyanti, Meisi (2014) PROSEDUR PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK NAGARI CABANG PEMBANTU BYPASS PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (264Kb) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian dan pembahasan mengenai prosedur pelaksanaan kredit usaha rakyar (KUR) Cabang Pembantu By Pass Padang maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Para calon debitur yang ingin mendapatkan fasilitas kredit dari Bank Nagari Cabang Pembantu By Pass terlebih dahulu mengajukan permohonan tertulis serta melengkapi persyaratan yang ditentukan pihak bank. Semua lampiran permohonan yang telah lengkap persyaratannya maka akan dianalisa oleh account officer atau analis kredit dan dianalisa lebih lanjut seperti survey kelapangan dan proses analisa menggunakan konsep 5C dan 3R. Account Officer nantinya akan melaporkan hasil analisanya pada komite kredit untuk dibahas apakah permohonan kredit tersebut diterima atau ditolak. Direktur akan mengesahkan permohonan kredit yang disetujui dalam rapat komite kredit. Untuk selanjutnya antara bagian administrasi kredit dengan debitur dapat melakukan perjanjian kredit, dan setelah itu dilanjutkan dengan realisasi atau pencairan kredit. Kemudian pihak bank melakukan penagihan tiap bulannya baik melalui pemotongan dana langsung dari rekening debitur atau aoutodebet maupun penagihan tunai langsung kepada debitur sampai saat pelunasan kredit, dan diakhiri dengan pengembalian agunan kredit. 2. Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat pada Bank Nagari adalah kredit macet atau bermasalah. Faktor terjadinya kredit bermasalah pada pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat ini adalah kurang telitinya pihak Bank dalam melakukan peninjauan atau analisisa kredit serta faktor menurunnya usaha debitur kredit usaha rakyat. Upaya-upaya yang dilakukan pihak Bank Nagari, yaitu Bank Nagari cabang Pembantu By Pass dalam mengatasi kredit bermasalah dengan dilakukan penagihan secara terus menerus yang bersifat persuasif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:39
Last Modified: 12 Apr 2014 04:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item