Repository Universitas Andalas

PERANAN KEPOLISIAN SEBAGAI KUASA JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PROSES PERADILAN PERKARA PELANGGARAN LALU LINTAS JALAN TERTENTU (Studi Pada Satuan Lalu Lintas Polresta Padang)

Lumbangaol, Andi Hakim Parlindungan (2014) PERANAN KEPOLISIAN SEBAGAI KUASA JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PROSES PERADILAN PERKARA PELANGGARAN LALU LINTAS JALAN TERTENTU (Studi Pada Satuan Lalu Lintas Polresta Padang). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (317Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jaksa Penuntut Umum sebagai pengendali proses perkara pidana mempunyai kedudukan sentral, karena hanya Jaksa Penuntut Umum yang dapat menentukan apakah suatu kasus dapat atau tidak dilanjutkan ke pengadilan berdasarkan alat bukti yang sah sebagaimana menurut hukum acara pidana. Akan tetapi, khusus pada pemeriksaan pelanggaran lalu lintas jalan tertentu tidak menjadikan jaksa sebagai penuntut umum untuk melakukan penuntutan. Jaksa penuntut umum harus merelakan kewenangan tunggalnya dalam proses penuntutan kepada penyidik. Namun, dewasa ini terdapat permasalahan dalam pelaksanaan penuntutan oleh Kepolisian Negara RI sebagai wadah organisasi para penyidik. Untuk itu perumusan masalah yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah 1.Bagaimanakah peranan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Padang sebagai kuasa Jaksa Penuntut Umum dalam proses peradilan perkara pelanggaran lalu lintas jalan tertentu? 2.Apakah kendala-kendala yang dihadapi Satlantas Polresta Padang sebagai kuasa Jaksa Penuntut Umum dalam proses peradilan perkara pelanggaran lalu lintas jalan tertentu? 3.Upaya apakah yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Padang untuk mengatasi kendala yang dihadapi sebagai kuasa Jaksa Penuntut Umum dalam proses peradilan perkara pelanggaran lalu lintas jalan tertentu? Penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif dengan menggunakan penelitian di lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan peran yang terlaksana tampak dalam 2 (dua) proses pelaksanaan penuntutan, yaitu proses pengisian surat Tilang dengan memperhatikan hal yang penting dan pemberkasan serta pelimpahan surat Tilang yang berasal dari penyidik/penyidik pembantu Polri dan penyidik PNS ke Pengadilan Negeri Padang. Terlihat juga beberapa peranan lainnya, yakni kehadiran perwakilan Satlantas Polresta Padang di sidang dan penyerahan putusan verstek dalam persidangan in absentia. Sementara peran yang belum terlaksana adalah pada proses upaya hukum verzet, banding, maupun kasasi, dan pemeriksaan pelanggaran oleh anak yang sama dengan dewasa. Dalam menjalankan tugasnya, peranan Satlantas Polresta Padang belum maksimal terlaksana, karena masih menemui kendala-kendala berupa kemampuan petugas yang terbatas, adanya oknum petugas nakal, ketentuan hukum kurang memadai, dan kepedulian masyarakat yang kurang. Untuk menanggulangi kendala yang dihadapi tersebut, Satlantas Polresta Padang berupaya melakukan pembinaan teknis pengetahuan lalu lintas bagi petugas, melaksanakan maklumat Kapolda Sumbar, membuat kesepakatan forum Diljapol, serta sosialisasi penegakan hukum lalu lintas, dan kordinasi dengan Polres lain dalam penyerahan verstek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 20 May 2014 01:45
Last Modified: 20 May 2014 01:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item