Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN APLIKASI PENGAMANAN HAK CIPTA UNTUK DATA AUDIO DIGITAL WAV DENGAN TEKNIK WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE SPREAD SPECTRUM DAN LSB

RANDI PRAYENGKI, RANDI PRAYENGKI (2014) PERANCANGAN APLIKASI PENGAMANAN HAK CIPTA UNTUK DATA AUDIO DIGITAL WAV DENGAN TEKNIK WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE SPREAD SPECTRUM DAN LSB. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (321Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (316Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada tugas akhir ini dibentuk sistem watermarking dengan metode Spread Spectrum dan Least Significant Bit (LSB). Prinsip metode spread Spektrum adalah mengalikan bit-bit deangan bit pseudorandom, sedangkan prinsip metode Least Significant Bit yaitu dengan menggantikan bit-bit terakhir dari sampel suara carier dengan bit-bit pesan. Input pesan yang digunakan adalah data teks dan file carier yang digunakan yaitu file audio berformat WAV. Percobaan yang dilakukan yaitu dengan memvariasikan jumlah karakter data teks, file carier, dan posisi penyimpanan informasi. Pada masing-masing percobaan akan dilihat pengaruh penyisipan terhadap kualitas file carier dan file ekstraksi yang dihasilkan. Penilaian yang dilakukan yaitu pengujian MOS, BER, dan SNR. Penilaian MOS, BER, dan SNR dilakukan pada file carier sedangkan penilaian pada file ekstraksi dilakukan dengan melihat nilai MOS. MOS yang diperoleh, berada pada rentang nilai 4.93-5 terhadap carier yang dihasilkan. BER tertinggi diperoleh dengan nilai 0.51% dan BER terendah dengan nilai 0.06752%. SNR tertinggi dicapai pada 98.9687 dB dan SNR terendah berada pada nilai 88.5389 dB. Berdasarkan hasil penilaian diatas, maka metode gabungan ini dapat diterapkan pada media audio WAV. Kata kunci : Watermarking, Spread Spectrum, Least Significant Bit, WAV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:50
Last Modified: 12 Apr 2014 04:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item