Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN TUGAS JAKSA SEBAGAI JAKSA PENGACARA NEGARA DALAM PERKARA PERDATA TERKAIT UPAYA PEMULIHAN DAN PENYELAMATAN KEKAYAAN NEGARA (Jaksa Pengacara Negara Pada Tahun 2011 di Kejaksaan Tinggi Riau)

Sethianingrum, Ika (2014) PELAKSANAAN TUGAS JAKSA SEBAGAI JAKSA PENGACARA NEGARA DALAM PERKARA PERDATA TERKAIT UPAYA PEMULIHAN DAN PENYELAMATAN KEKAYAAN NEGARA (Jaksa Pengacara Negara Pada Tahun 2011 di Kejaksaan Tinggi Riau). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (384Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Selama ini Kejaksaan di mata umum masyarakat merupakan lembaga penuntutan dalam bidang pemidanaan, di sisi lain menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, Kejaksaan memiliki tugas dan fungsi lain terkait keperdataan dan tata usaha negara. Yakni sebagai jaksa pengacara negara yang mewakili intitusi negara atau pemerintah dalam berperkara dengan pihak lain. Hanya saja peranan jaksa pengacara negara sejauh ini kurang memperlihatkan eksistensinya di berbagai Kejaksaan Tinggi dan Negeri di daerah yang membuat publik awam akan peranan jaksa dalam bidang perdata dan tata usaha negara. Khususnya di bidang perdata jaksa pengacara negara memiliki tugas yang berbeda tentunya dengan jaksa sebagai penuntut umum di bidang pidana tersebut, diantaranya terkait pemulihan dan penyelamatan kekayaan negara. Sejalan berkembangnya teknologi informasi lembaga Kejaksaan di berbagai daerah kerap kali memposting pencapaian kerja mereka, termasuk salah satunya Kejaksaan Tinggi Riau yang pada tahun 2011 telah menyelesaian pelaksanaan tugas jaksa pengacara negara terkait hal tersebut. Sehubungan dengan hal itu, dalam skripsi ini diangkat dua permasalahan yaitu pertama bagaimana pelaksanaan tugas jaksa sebagai jaksa pengacara negara dalam perkara perdata terkait upaya pemulihan dan penyelamatan kekayaan negara dan yang kedua adalah kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas jaksa sebagai jaksa pengacara negara terkait hal tersebut serta upaya mengatasinya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis dengan menekankan pada aspek hukum yang berkenaan dengan permasalahan yang penulis teliti. Selanjutnya dikaitkan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, melalui teknik wawancara dan studi dokumen, dan kemudian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan pada Kejaksaan Tinggi Riau sepanjang tahun 2011 telah melaksanakan tugasnya sebagai jaksa pengacara negara dengan keberhasilan pemulihan dan penyelamatan kekayaan negara dengan berbagai perkara yang masuk dan terselesaikan. Dalam hal kendala yang dihadapi terdiri atas faktor eksternal dan internal dari intistusi Kejaksaan, dan begitu pula upaya mengatasinya. Perbaikan kinerja kerja dan publikasi tugas Kejaksaan dapat membuat masyarakat umum lebih memahami bahwa Kejaksaan memiliki peranan di bidang keperdataan dan dapat pula menjadi acuan bagi Kejaksaan lain yang ada di berbagai daerah di Indonesia yang tujuan utamanya tercipta penegakkan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:45
Last Modified: 12 Apr 2014 04:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item