Repository Universitas Andalas

ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA DAERAH PASIR JAMBAK, PADANG, SUMATERA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHIBATA DAN TEPARAKSA (1988)

TRIHESTIKA, BEDYA (2014) ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA DAERAH PASIR JAMBAK, PADANG, SUMATERA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHIBATA DAN TEPARAKSA (1988). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (COVER)
Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (ABSTRAK)
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI)
Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (87Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gempabumi dapat menimbulkan bahaya yang merusakkan bangunan dan sarana infrastruktur serta menyebabkan terjadinya likuifaksi. Likuifaksi adalah suatu perilaku tanah yang mengalami perubahan tiba-tiba dari kondisi padat ke kondisi mencair. Investigasi lapangan telah dilakukan pada daerah Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah metode Shibata dan Teparaksa (1988) berdasarkan grafik perlawanan konus vs Cyclic Stress Ratio (CSR). Analisa potensi likuifaksi dilakukan menggunakan data CPT (cone penetration test) dengan mempertimbangkan nilai percepatan tanah maksimum sebesar 0,28 g, magnitudo gempabumi sebesar 7,5 SR dan muka air tanah setempat. Adapun muka air tanah pada daerah ini sangat dangkal, bernilai 100 cm dan 80 cm. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa lapisan tanah terdiri dari pasir berlanau dan lanau berpasir. Analisa potensi menunjukkan bahwa ketebalan lapisan tanah yang berpotensi terlikuifaksi mencakup kesemua kedalaman yang telah diuji. Kata kunci : gempabumi, likuifaksi, investigasi lapangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:50
Last Modified: 12 Apr 2014 04:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item