Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) PADA PEMEGANG KARTU JAMKESDA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROF DR M.A HANAFIAH SM BATUSANGKAR

Herizul, Putrianingsi (2014) PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) PADA PEMEGANG KARTU JAMKESDA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROF DR M.A HANAFIAH SM BATUSANGKAR. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (1033Kb) | Preview

Abstract

Kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan semua warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk masyarakat miskin. Pemberian pelayanan kesehatan ini tidak memandang kaya dan miskin. Dalam hal ini, pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang kesehatan dengan melaksanakan program jamkesda. Program jamkesda ini merupakan jaminan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat miskin serta dananya berasal dari pemerintah daerah. Peserta jaminan kesehatan daerah ini orang-orang yang belum mendapatkan jaminan kesehatan manapun. Rumah sakit umum daerah Prof. Dr. M.A Hanafiah SM Batusangkar merupakan rumah sakit umum yang ikut melayani peserta jamkesda ini. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dan sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaan jamkesda pada rumah sakit umum daerah Prof. Dr. M.A Hanafiah SM Batusangkar dilaksanakan berdasarkan peraturan daerah gubernur Sumatera Barat Nomor 10 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Sumatera Barat Sakato dan kerjasama antara pihak rumah sakit dan PT Askes cab. Bukittinggi. Efektifitas pelaksanaan jamkesda ini terlihat banyaknya perundang-undangan yang mengatur tentang pelaksanaan jamkesda ini serta memberikan perlindungan hukum terhadap pihak pelaksana maupun peserta jamkesda. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan jamkesda ini berupa: proses pengajuan klaim asuransi, penyalahgunaan kartu jamkesda, penyediaan dan distribusi obat yang belum memadai, keterbatasan informasi serta keterbatasan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang didapatkan peserta jamkesda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 18 Apr 2014 14:53
Last Modified: 18 Apr 2014 14:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item