JEANASIS, NADYA
(2014)
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MELALUI
KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS
(Studi Pada Rumah Sakit BMC Padang).
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan pertama mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit BMC Padang. Kedua mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit BMC Padang sedangkan tujuan ketiga adalah
membuktikan pengaruh kepuasan pasien dapat menjadi variabel intervening antara kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit BMC Padang. Untuk melakukan penelitian digunakan 60 orang
pasien Rumah Sakit BMC Padang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner. Untuk mempermudah pengolahan data maka dikelompokan variabel menjadi
tiga variabel utama. Pertama variabel dependen yaitu loyalitas. Kedua variabel independen kualitas
pelayanan. Ketiga variabel intervening yaitu kepuasan. Metode analisis yang digunakan untuk
menjawab hipotesis yaitu kuantitatif dengan menggunakan model regresi intervening dan uji t-statistik. Hasil pengujian hipotesis pertama terlihat bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pasien dalam menggunakan jasa Rumah Sakit BMC Padang (H1 diterima). Hasil
pengujian hipotesis kedua terlihat bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pasien dalam menggunakan jasa Rumah Sakit BMC Padang, semakinbaik dan konsisten kualitas
pelayanan yang diberikan rumah sakit, tentu akan semakin meningkatkan komitmen pasien dalam
menggunakan jasa Rumah Sakit BMC Padang (H2 diterima). hasil pengujian hipotesis ketiga
ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien yang dimediasi
oleh kepuasan pasien dalam menggunakan jasa rumah sakit BMC Padang (H3
diterima).
Kata KunciKualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pasien
Actions (login required)
|
View Item |