Repository Universitas Andalas

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEPOSITO MUDHARABAH DI BANK NAGARI SYARIAH PADANG PERIODE JANUARI 2008 S/D DESEMBER 2011

SRY TRYSNA WATY , SRY TRYSNA WATY (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEPOSITO MUDHARABAH DI BANK NAGARI SYARIAH PADANG PERIODE JANUARI 2008 S/D DESEMBER 2011. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (204Kb) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah deposito mudharabah Bank Nagari Syariah untuk perode Januari 2008 - Desember 2011, yaitu: 1. Penelitian menunjukkan bahwa penghimpunan deposito mudharabah pada Bank Nagari Syariah sebagai variabel terikat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas tingkat bagi hasil, dan inflasi. Sedangkan untuk variabel tingkat suku bunga dan nilai tukar USD tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel deposito mudharabah pada Bank Nagari Syariah Padang. 2. Berpengaruh positifnya variabel tingkat bagi hasil terhadap pertumbuhan deposito mudharabah dikarenakan para nasabah dalam menempatkan dananya di bank syariah masih dipengaruhi oleh motif untuk mencari profit sehingga jika tingkat bagi hasil semakin besar maka akan semakin besar pula jumlah deposito yang disimpan di bank syariah. Untuk variabel inflasi yang mewakili variabel makroekonomi juga menunjukkan hubungan yang positif, hal ini disebabkan karena pada saat terjadi inflasi tinggi masyarakat mampu mempertahankan tingkat konsumsinya dan melindunginya dari ketidakpastian atau fluktuasi di masa depan sehingga justru akan meningkatkan jumlah simpanannya di bank syariah. 3. Hasil yang tidak signifikan ditunjukkan oleh variabel tingkat suku bunga pada bank Nagari konvensional terhadap pertumbuhan deposito mudharabah adalah karena dengan meningkatnya suku bunga tidak mempengaruhi nasabah untuk mendepositokan ke bank syariah. Begitu juga dengan variabel nilai tukar terhadap USD tidak mempengaruhi nasabah untuk melakukan nasabah pada bank syariah. Umumnya tingkat suku bunga dan nilai tukar terhadap USD sangat berpengaruh terhadap deposito pada bank konvensional. Dari penelitian ini diketahui bahwa dalam perkembangannya pengaruh kebijakan konvensional juga berpengaruh pada perbankan syariah. Hal ini dapat dilihat dari tingkat bagi hasil perbankan syariah yang masih tergantung pada bank konvensional. Disamping itu, perbankan juga tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor internal perbankan itu sendiri tetapi juga dari kondisi makroekonomi seperti inflasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:18
Last Modified: 14 Apr 2014 01:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item