Repository Universitas Andalas

DAMPAK DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) PADA USAHATANI JERUK DI GAPOKTAN MUDIK NAMA NAGARI KOTO TINGGI KECAMATAN GUNUNG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

NURHABIBAH, NURHABIBAH (2014) DAMPAK DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) PADA USAHATANI JERUK DI GAPOKTAN MUDIK NAMA NAGARI KOTO TINGGI KECAMATAN GUNUNG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (352Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (172Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2011. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penyaluran dana program PUAP pada usahatani jeruk di Gapoktan Mudik Nama berdasarkan Pedoman Umum PUAP dan menganalisa dampak dana program PUAP terhadap pendapatan dan keuntungan petani jeruk di Gapoktan Mudik Nama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa analisa usahatani jeruk. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa, kegiatan penyaluran dana PUAP yang dilakukan oleh Gapoktan Mudik Nama ke anggota gapoktan sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum) PUAP. Pelayanan dan penyaluran dana PUAP dari Gapoktan Mudik Nama ke anggota tergolong efektif. Terdapat perbedaan pendapatan dan keuntungan yang diperoleh petani antara sebelum dan setelah memanfaatkan dana PUAP. Pendapatan yang diperoleh petani sebelum PUAP rata-rata sebesar Rp.34.992.247,37,- ha/tahun, setelah PUAP Rp.46.640.541,63,- ha/tahun. Sedangkan keuntungan yang diperoleh petani sebelum PUAP rata-rata sebesar Rp.27.417.099,91,- ha/tahun, dan setelah PUAP rata-rata sebesar Rp.37.990.422,59,- ha/tahun. Disarankan kepada petani anggota agar memanfaatkan dana PUAP yang digulirkan sesuai dengan kebutuhan biaya usahatani, untuk pengelola Gapoktan Mudik Nama disarankan agar melakukan pengawasan yang lebih mendalam untuk menghindari terjadinya penyimpangan penggunaan dana, dan bagi pembuat kebijakan khususnya dalam penyediaan modal bagi petani di perdesaan, disarankan adanya spesifikasi atau pengaturan pengalokasian modal untuk masing-masing bidang usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:46
Last Modified: 12 Apr 2014 04:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item