Repository Universitas Andalas

Analisis Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah dan Tingkat SBI terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (BEI)

Nanda, Nanda (2014) Analisis Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah dan Tingkat SBI terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Other thesis, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
PDF
Download (81Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi yang tinggi pada sebuah negara, akan mempengaruhi pertumbuhan investasi dinegara tersebut. Semakin tinggi tingkat ekonomi suatu negara, semakin tinggi tingkat kemakmuran penduduk negara tersebut. Tingkat kemakmuran yang tinggi ditandai dengan adanya kenaikan tingkat pendapatan masyarakat. Peningkatan pendapatan tersebut, menyebabkan semakin banyak orang yang memiliki kelebihan dana, kelebihan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk disimpan dalam bentuk tabungan atau diinvestasikan dalam bentuk surat-surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal. Penelitian ini mencoba untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh, tingkat inflasi, nilai tukar rupiah-dollar U.S dan perubahan suku bunga SBI terhadap IHSG di BEI (2003-2012). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data IHSG, inflasi, kurs rupiah-dolar US, dan tingkat suku bunga SBI yang dikumpulkan secara bulanan dari tahun 2003 sampai 2012. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, uji asumsi klasik untukmenjaga keabsahan penelitian, uji-f dan uji-t dilakukan untuk membuktikan kebenaran hipotesis dengan level signifikan sebesar 5%. Secara serentak, variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Secara parsial hanya kurs dan SBI yang berpengaruh signifikan terhadap IHSG di BEI (2003-2012). Kata kunci: IHSG, Inflasi, Kurs Rupiah dan Tingkat SBI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:50
Last Modified: 12 Apr 2014 04:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19745

Actions (login required)

View Item View Item