Repository Universitas Andalas

A STUDY OF SEMIOTICS OF AIRLINES ADVERTISEMENTS IN TIMES AND NEWSWEEK MAGAZINES

Senjasari, Putri (2014) A STUDY OF SEMIOTICS OF AIRLINES ADVERTISEMENTS IN TIMES AND NEWSWEEK MAGAZINES. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (257Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini menerapkan kajian Semiotik pada praktek-praktek bahasa (linguistic) dan gambar (non-linguistic) pada iklan penerbangan. Analisis ini bertujuan untuk menemukan makna konotasi dari tanda yang bersifat manipulatif dan kemungkinan efek atau reaksi yang ditimbulkan dari penggunaan tanda tersebut oleh si pembuat iklan untuk membujuk atau mempengaruhi persepsi konsumen dengan menghubungkannya pada konteks pelayanan servis penerbangan. Data iklan tersebut diambil dari majalah Times dan Newsweek edisi 2000-2007 yang beredar di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Pemilihan data dilakukan secara purposif, yaitu berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Data yang digunakan sebanyak lima iklan penerbangan. Analisis makna dalam penelitian ini menggunakan teori (order of signification) yang dikemukakan oleh Barthes. Sejumlah makna tanda ditemukan dalam penelitian ini. Makna tersebut dihasilkan dengan menghubungkan tanda linguistik dan non linguistik terhadap konteks iklan penerbangan. Dari makna-makna yang muncul akibat penggunaan tanda yang bersifat manipulatif tersebut, ditemukan bahwa iklan-iklan penerbangan tersebut memiliki ciri khas atau keistimewaan masing-masing dalam mempromosikan jasa atau servis. Ciri khas tersebut adalah: data (1) servis atau pelayanan royal dan mewah, data (2) perjalanan aman, lancar dan global, data (3) fasilitas kenyamanan (istirahat), data (4) pelayanan eksklusif dan fasilitas elit atau modern dan data (5) servis ekstra sebelum keberangkatan (spa mewah, ruang baca yang nyaman, fasilitas bisnis dan bar). Dari penggunaan bahasa dan gambar yang bersifat manipulatif pada iklan-iklan penerbangan tersebut memiliki kemungkinan-kemungkinan tersendiri dalam hal menarik perhatian konsumen serta mempengaruhi persepsi sesuai dengan tingkat pemahaman mereka terhadap jasa yang dipromosikan. Pada akhirnya proses ini juga bertujuan untuk membangun citra positif dimata konsumer terhadap perusahaan-perusahaan penerbangan tersebut. Key words: Semiotik, tanda linguistik, tanda non-linguistik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:46
Last Modified: 12 Apr 2014 04:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item View Item