Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA KOPI BUBUK RANTAU PUTERA

-, IKHLASH (2014) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA KOPI BUBUK RANTAU PUTERA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (cover)
Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (abstrak)
Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (daftar isi)
Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (bab 1)
Download (99Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2012, bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penjualan kopi bubuk Rantau Putera dan merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh usaha kopi bubuk Rantau Putera untuk meningkatkan volume penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Sampel pedagang pengecer terdiri dari 3 orang di Kabupaten Padang Pariaman dan 1 orang di Kota Padang Panjang. Pengambilan sampel untuk konsumen akhir dilakukan secara Accidental Sampling yang terpilih sebanyak 15 orang di Kabupaten Padang Pariaman dan 15 orang di Kota Padang Panjang. Sampel pesaing diambil yang memasarkan kopi bubuk pada wilayah pemasaran yang sama dengan usaha kopi bubuk Rantau Putera sehingga terpilihlah 2 pesaing, yaitu usaha kopi bubuk Mak Aciak dan usaha kopi bubuk Jempol. Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan kopi bubuk Rantau Putera terdiri dari faktor internal, yaitu 1) produk menggunakan bahan baku yang berkualitas, 2) tersedia kemasan sachet yang praktis, 3) kemasan sudah dilengkapi label halal dalam tulisan Arab, 4) adanya pemberian bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu, 5) promosi melalui media masih dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja, 6) usaha belum memiliki tenaga khusus bagian pemasaran, 7) peralatan produksi yang sering rusak, dan 8) kadar logam pada produk yang cukup tinggi. Faktor eksternal yang mempengaruhi, yaitu 1) masih terdapat lokasi distribusi yang dapat dimasuki, 2) bahan baku yang selalu tersedia, 3) adanya peningkatan penjualan pada saat libur dan lebaran, 4) harga produk salah satu pesaing lebih murah, 5) kemasan salah satu pesaing lebih menarik, dan 6) salah satu pesaing sudah memiliki tenaga khusus bagian pemasaran. Strategi yang bisa diterima oleh usaha kopi bubuk Rantau Putera, yaitu memperluas daerah distribusi untuk daerah-daerah pemasaran yang belum dimasuki, mengganti peralatan penyangraian dengan alat yang terbuat dari stainless steel, mengganti media promosi dengan menggunakan pamflet dan brosur atau memasang iklan di koran, mengikuti pameran dan bazar baik di Kota Padang Panjang maupun di luar Kota Padang Panjang, dan memperbaiki kemasan menjadi lebih menarik dan memenuhi standar untuk dijual di swalayan dan minimarket.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 19 May 2014 04:14
Last Modified: 19 May 2014 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item