LASARI, WIDDIA
(2014)
KINERJA APARATUR PEMERINTAH NAGARI KOTO TANGAH
KECAMATAN TILATANG KAMANG DALAM PELAYANAN PUBLIK.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
ABSTRAK
Widdia Lasari, No. BP. 07194011, Kinerja Aparatur Pemerintah
Nagari Koto Tangah Dalam Pelayanan Publik. Program Studi Ilmu
Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Andalas, Padang, 2011. Dibimbing oleh : Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA dan
Dr. Ria Ariany . Skripsi ini terdiri dari 126 halaman dengan referensi 18
buku teori, 5 buku metode, 1 jurnal, 4 laporan penelitian, 3 situs internet, 3
Peraturan Daerah, 1 dokumen dan 1 surat kabar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kinerja aparatur
Pemerintah Nagari Koto Tangah dalam meningkatkan pelayanan publik, dan
mendeskripsikan tentang hal-hal yang mempengaruhi kinerja aparatur Pemerintah
Nagari Koto Tangah Dalam Pelayanan Publik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
adanya rasa ketidakpuasan masyarakat atas kinerja aparatur Pemerintah Nagari
Koto Tangah dalam memberikan pelayanan publik. Aparatur Pemerintah Nagari
merupakan orang yang bekerja di instansi Pemerintah Pusat maupun instansi
Pemerintah Daerah yang bertugas melayani masyarakat dalam proses
penyelenggaraan pelayanan publik. Nagari merupakan level Pemerintahan
terendah dalam sistem Pemerintahan di Indonesia, sehingga perlu mendapat
perhatian dalam proses pelayanan publik. Rendahnya kualitas layanan yang
diberikan dapat menyebabkan kurang maksimalnya kinerja aparatur Pemerintah
Nagari dalam pelayanan publik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,
yang mana sumber datanya diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara,observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk melihat kinerja tersebut
dari hasil penelitian, maka dilakukan teknik triangulasi data. Penelitian ini
menggunakan konsep yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto dengan lima
indikator dalam pengukuran kinerja aparatur Pemerintah Nagari Koto
Tangah yaitu; produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan
akuntabilitas publik. Selain itu juga menggunakan konsep dua hal penting yang
mendapat perhatian dalam rangka untuk membahas rumusan masalah hal-hal yang
mempengaruhi kinerja aparatur Pemerintah Nagari adalah kurangnya sumber daya
modal serta sarana dan prasarana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur Pemerintah
Nagari Koto Tangah dalam pelayanan publik secara umum masih belum
maksimal. Kemudian hal-hal yang mempengaruhi kinerja yaitu sumber daya
modal dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Kata Kunci: Kinerja, Aparatur
Actions (login required)
|
View Item |