Repository Universitas Andalas

TRADISI MAMBAYIA KAUA DAN PASAMBAHANNYA DI NAGARI PULASAN KEC.TANJUANG GADANG KAB. SIJUNJUNG (DESKRIPSI, TRANSKRIPSI, DAN TERJEMAHAN)

Suardi, Akil (2014) TRADISI MAMBAYIA KAUA DAN PASAMBAHANNYA DI NAGARI PULASAN KEC.TANJUANG GADANG KAB. SIJUNJUNG (DESKRIPSI, TRANSKRIPSI, DAN TERJEMAHAN). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (387Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan bentuk acara tradisi yang berada di nagari Pulasan Sijunjung, dengan mendeskripsikan bentuk tradisi tersebut dari awal sampai akhir. Selain itu penelitian ini juga mentranskripsikan bentuk teks pasambahan dalam acara mambayia kaua. Acara mambayia kaua sendiri merupakan tradisi yang berasal dari nagari Pulasan Sijunjung. Penelitian tradisi ini menggunakan kerangka teori yang dipaparkan oleh Hutomo (1991), untuk mentranskripsi bahasa lisan yang terdapat pada tradisi mambayia kaua. Berdasarkan pernyataan tersebut penulis akan mendeskripsikan tradisi dan mentranskripsikan teks ke dalam bentuk tulisan yang sebelumnya sudah direkam. Dari hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa acara mambayia kaua dilakukan sekali dalam setahun. Acara ini dilaksanakan di depan Kantor Adat Nagari yang diikuti oleh para ninik mamak dan masyarakat Pulasan. Dalam prosesi tradisi ini ada bagian pasambahan yang berisi tentang pemuliaan kepada ninik mamak, tambo adat Pulasan, pasambahan makan dan penutup. Kata kunci : mambayia kaua, pasambahan, Nagari Pulasan, Kec. Tanjuang Gadang, Kab. Sijunjung, deskripsi, transkripsi, dan terjemahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 20 May 2014 01:47
Last Modified: 20 May 2014 01:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19802

Actions (login required)

View Item View Item