Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN PERILAKU IBU TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI ANAK DENGAN KEJADIAN EARLY CHILDHOOD CARIES (ECC) PADA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG

PUTRI, WULANDANI LIZA (2014) HUBUNGAN PERILAKU IBU TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI ANAK DENGAN KEJADIAN EARLY CHILDHOOD CARIES (ECC) PADA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (709Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (56Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Early Childhood Caries (ECC) merupakan penyakit gigi pada usia prasekolah yang menjadi masalah besar di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, prevalensi ECC pada anak adalah 41% dan di Indonesia prevalensinya adalah90% padahal WHO Oral Health Goal menetapkan 90% anak bebas karies pada usia ini. Berdasarkan Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2011, Puskesmas Andalas merupakan Puskesmas dengan angka karies tertinggi di Kota Padang. Salah satu faktor penyebab terjadinya ECC pada anak usia prasekolah adalah perilaku ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dengan kejadian Early Childhood Caries (ECC) pada siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Penelitian ini menggunakan disain penelitian cross sectional study. Sampel penelitian adalah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan ibu siswa sebagai responden dengan jumlah sampel 81 orang. Penelitian dilakukan dengan memeriksa gigi anak dan mewawancara ibu menggunakan kuisioner tentang pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu terhadap pemeliharaan kesehatan gigi anak. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan chi-square test dengan derajat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 79% siswa PAUD mengalami ECC, 91,4% ibu mempunyai tingkat pengetahuan tinggi, 48,1% ibu mempunyai sikap yang negatif, dan 43,2% ibu mempunyai tindakan yang kurang baik terhadap pemeliharaan kesehatan gigi anak. Tidak ditemukan hubungan yang bermakna antara perilaku ibu dalam pemeliharaan kesehatan gigi anak dengan kejadian Early Childhood Caries (ECC). Petugas kesehatan diharapkan dapat melakukan pemeriksaan gigi berkala kepada siswa PAUD dan memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada ibu, terutama ibu yang memiliki anak usia prasekolah sehingga angka kejadian ECC pada anak dapat diturunkan. DaftarPustaka : 44 (1990 – 2011) Kata Kunci : Perilaku ibu, Pemeliharaan Kesehatan Gigi, Early Childhood Caries (ECC)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Kedokteran Gigi
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 20 May 2014 01:47
Last Modified: 20 May 2014 01:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item