Repository Universitas Andalas

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK DALAM UNDANG -UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

OKTARIN, TEFFI (2014) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK DALAM UNDANG -UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (454Kb) | Preview

Abstract

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK DALAM UNDANG -UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (Nama: Teffi Oktarin, BP: 07.940.023, PK: Hukum Pidana, Jumlah Hlm: 82, Tahun 2012) ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan pada berbagai kalangan dalam melakukan aktivitasnya, tetapi juga menimbulkan persoalan-persoalan hukum baru yang sangat kompleks. Ada kalanya informasi yang diperoleh di internet memuat materi yang melanggar norma-norma hukum seperti, pencemaran nama baik. Setiap pelaku tindak pencemaran nama baik dapat diminta pertanggungjawaban pidananya sebagaimana yang diatur dalam Pasal 310 KUHP. Selain itu pencemaran nama baik juga di atur dalam UU ITE karena maraknya tindak pidana pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media elektronik. Adapun permasalahan yang diangkat yaitu Apakah perbedaan pencemaran nama baik dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Bagaimana menentukan unsur kesengajaaan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam tindak pidana pencemaran nama baik. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian yuridis normatif dengan menjawab studi kepustakaan guna memperoleh data sekunder melalui dokumen yaitu dengan cara mengumpulkan, mempelajari, dan menganalisa teori-teori dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan terlihat bahwa, perbedaan pencemaran nama baik dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yaitu terdapat pada rumusan jenis-jenis tindak pidana penghinaan yang berbeda pada UU ITE dan KUHP, dari kentuan pidananya UU ITE memberikan sanksi pidana yang lebih berat dari pada sanksi yang di rumuskan dalam KUHP, pada UU ITE sarana yang digunakan adalah media elektronik atau internet sementara menurut KUHP tidak demikian. Dalam menentukan unsur kesengajaaan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam tindak pidana pencemaran nama baik pada Pasal 310 (1) KUHP dilihat dari tindakan pelaku yang sengaja menyerang kehormatan dan nama baik seseorang dengan maksud untuk diketahui oleh umum, sementara menurut Pasal 27 ayat (3) kesengajaannya terdapat pada sengaja melakukan perbuatan melawan hukum yang dilakukannya dan tanpa hak pelaku mendistribusikan dan/atau mentransmisikan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:17
Last Modified: 14 Apr 2014 01:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19816

Actions (login required)

View Item View Item