Repository Universitas Andalas

ANALISA PERILAKU KONSUMEN KERUPUK KUNING UBI KAYU MEREK “LENTO 3T” DI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

SARI, KURNIA ADLA (2014) ANALISA PERILAKU KONSUMEN KERUPUK KUNING UBI KAYU MEREK “LENTO 3T” DI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (cover)
Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (daftar isi)
Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (abstrak)
Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (bab 1)
Download (194Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2011. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa perilaku konsumen Kerupuk Kuning Ubi kayu Merek “Lento 3T” di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus (case study). Sampel diambil dengan teknik Accidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 orang, yaitu konsumen yang membeli Kerupuk Kuning Ubi kayu Merek “Lento 3T” di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa konsumen Kerupuk Kuning Ubi kayu Merek “Lento 3T” mayoritas perempuan berumur 36 – 50 tahun, memiliki latar belakang pendidikan SMA, bekerja sebagai pedagang dan ibu rumah tangga dengan penghasilan berkisar antara Rp 500.000 – Rp 1.500.000. Status perkawinan, konsumen umumnya sudah menikah. Konsumen melakukan pembelian Kerupuk Kuning Ubi kayu merek “Lento 3T” umumnya 2 kali dalam seminggu dengan jumlah < 3 bungkus dengan berat isi sebanyak 180 gram perbungkus. Konsumen melakukan pembelian atas saran diri sendiri dan atas keputusan pribadi dengan mengutamakan rasa. Atribut yang sebaiknya diperbaiki perusahaan yaitu kehigienisan dan kemasan produk dengan mencantumkan tanda legalitas halal, terdaftar di Badan POM, komposisi, isi bersih dan batas expire. Tingkat loyalitas konsumen berada pada tingkat Liking the Brand (menyukai produk) yaitu apabila konsumen menyukai produk maka umumnya tidak ada alasan bagi konsumen untuk beralih ke produk lain kecuali bila ada faktor – faktor penarik yang kuat. Untuk dapat meningkatkan persepsi dan loyalitas konsumen industri sebaiknya memperhatikan dan memperbaiki atribut kehigienisan dan kemasan, karena atribut ini dianggap penting bagi konsumen dan belum sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:46
Last Modified: 12 Apr 2014 04:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item