Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN PERILAKU DENGAN PENERAPAN PERSONAL HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2013

ABSTRAK HUBUNGAN PEILAKU PENJAMAH MAKANAN DENGAN PENERAPAN PER, ABSTRAK HUBUNGAN PEILAKU PENJAMAH MAKANAN DENGAN PENERAPAN PER (2014) HUBUNGAN PERILAKU DENGAN PENERAPAN PERSONAL HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Download (118Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PEILAKU PENJAMAH MAKANAN DENGAN PENERAPAN PERSONAL HYGIENE PADA PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2013 Skripsi S1 Oleh: Rezi Mulya Fatma Pembimbing 1 : Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M. Si, M. Pd Pembimbing II : Muchsin Riviwanto, SKM, M.Si Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku dengan penerapan personal hygiene pada penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2013. Metode Jenis penelitian menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUPDr. M. Djamil Padang. Jumlah sampel sama dengan jumlah populasi sebanyak 43 orang pekerja cuci mobil, diambil secara total sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil Kurang dari separuh (37,2%) personal hygiene penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr.M.Djamil Padang adalah tidak bersih. Kurang dari separuh (39,2%) personal hygiene penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr.M.Djamil Padang adalah rendah. Kurang dari separuh (37,2%) sikap penjamah makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr.M.Djamil Padang adalah negatif. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan penjamah makanan dengan penerapan personal hygiene di Instalasi Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap penjamah makanan dengan penerapan personal hygiene di Instalasi Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang. Kesimpulan Dapat disimpulkan bahwa yang berhubungan personal hygiene penjamah makanan adalah perilaku dan sikap penjamah makanan. Diharapkan kepada kepada pimpinan Instalasi Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk dapat memfasilitasi pekerja dengan penyediaan tempat cuci tangan dan fasilitas penunjang personal hygiene dan sanitasi lainya, agar pekerja dapat menjaga kebersihan dirinya, pekerja sebaiknya memperhatikan kebersihan diri dan sanitasi. Skripsi telah dipertahankan di depan sidang penguji skripsi dan dinyatakan lulus pada tanggal 03 Januari 2014. Abstrak telah disetujui oleh Penguji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Putri Sakinah Iput
Date Deposited: 20 May 2014 01:44
Last Modified: 20 May 2014 01:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item