Enike, Ayu
(2014)
EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA LINI ATAS
PT TELKOMSEL
(Kasus Pada Mahasiswa Universitas Andalas Padang).
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
Efektivitas Iklan Media Lini Atas PT Telkomsel
(Kasus Pada Mahasiswa Universitas Andalas Padang)
Oleh :
Ayu Enike
0810862010
Pembimbing :
DR. Azwar, M.Si
Elva Rona Ningroem, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui efektivitas iklan media lini atas PT Telkomsel yang melingkupi iklan melalui media televisi, surat kabar, radio dan billboard. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata efektivitas iklan media lini atas PT Telkomsel tersebut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dimana yang menjadi objek adalah mahasiswa jenjang pendidikan strata-1 di Universitas Andalas Padang yang pernah melihat, membaca atau mendengar iklan PT Telkomsel pada empat jenis media lini atas. Terdapat 100 orang responden untuk masing-masing media lini atas yang ambil dengan teknik purposive dan accidental sampling melalui metode survei. Efektivitas iklan media lini atas PT Telkomsel dapat dilihat dari dimensi yang terdapat pada EPIC Model (Empathy, Impact, Persuasion, dan Communication) yang dianalisis dengan bantuan analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Sedangkan perbedaan rata-rata efektivitas iklan media lini atas PT Telkomsel dianalisis dengan uji varian satu jalur (one way ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan, iklan media lini atas PT Telkomsel terbukti efektif. Dimana skor rata-rata efektivitas iklan PT Telkomsel pada keempat media lini atas yang diukur melalui EPIC Model tersebut, berada pada rentang skala efektif yaitu antara 3,21 hingga 4,00. Selanjutnya, terbukti bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan untuk rata-rata efektivitas iklan media lini atas PT Telkomsel.
Kata kunci: efektivitas iklan, rata-rata efektivitas, media lini atas, EPIC Model
ABSTRACT
The Effectiveness of PT Telkomsel Advertising on Above The Line Media
( Case at Andalas University Students, Padang)
By :
Ayu Enike
0810862010
Supervisors :
DR. Azwar, M.Si
Elva Rona Ningroem, M.Si
This research aims to identify and examine the effectiveness of PT Telkomsel advertising on above the line media through television, newspaper, radio and billboard. It also aims to determine the difference in average effectiveness of PT Telkomsel advertising on above the line media.
The approach used in this research is descriptive quantitative. The object of this research was the Andalas University students who ever saw, heard, or read PT Telkomsel ads in four kinds of above the line media in Padang city. There were 100 respondents for each of above the line media to take a purposive and accidental sampling technique through a survey method. The effectiveness of PT Telkomsel advertising on above the line media can be seen from the dimensions contained in the EPIC model (Empathy, Persuasion, Impact, and Communication) were analyzed with the aid of a simple tabulation and analysis of the average score. While the average difference above the line media advertising PT Telkomsel done with one-way ANOVA.
The results showed that the effectiveness of PT Telkomsel advertising on above the line media proven an effective. Where the average score on the fourth above the line media measured by EPIC model was an effective at a range of scales, between 3.21 to 4.00. Furthermore, it is evident that there is no significant difference in the average effectiveness of PT Telkomsel advertising on above the line media.
Keyword: Effectiveness of Advertising, The Average Effectiveness, Above The Line Media, EPIC Model
Actions (login required)
|
View Item |