Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GANJIL AKADEMI KEBIDANAN LENGGOGENI PADANG TAHUN AJARAN 2010/2011

As, Silver (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GANJIL AKADEMI KEBIDANAN LENGGOGENI PADANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh seseorang mahasiswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Seseorang dikatakan berhasil dalam belajar apabila telah terjadi perubahan tingkah laku pada dirinya dan perubahan ini terjadi karena latihan serta pengalaman yang dilakukannya. Berdasarkan studi awal yang dilakukan tentang hasil belajar mahasiswa tahun ajaran 2010/2011, yang dilaksanakan di Akademi Kebidanan Lenggogeni Padang didapatkan hasil penurunan indeks prestasi mahasiswa dari tahun sebelumnya, pada TK I indeks prestasi mahasiswa menurun sebesar 0,29%, Tk II sebesar 0,75% dan TK III sebesar 0,77% terjadi penurunan indeks prestasi. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Kebidanan Lenggogeni yang berjumlah 327 orang dengan sampel sebanyak 110 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juni 2012.Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa dengan motivasi rendah 39%, mahasiswa dengan minat belajar rendah sebesar 33%, mahasiswa dengan kondisi lingkungan sekolah kategori buruk sebesar 49% dan mahasiswa dengan kondisi lingkungan masyarakat kategori buruk sebesar 41%. Hasil uji Chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara variable minat belajar dan kondisi lingkungan masyarakat dengan hasil belajar, sedangkan variabel motivasi dan dan kondisi lingkungan sekolah tidak terdapat hubungan yang bermakna dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian perlu dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan cara lebih meningkatkan minat belajar dan memperbaiki kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal mahasiswa, dengan menumbuhkan minat belajar dan menyediakan asrama bagi mahasiswa. Daftar Pustaka : 45 (1997-2012) Kata Kunci : Hasil Belajar, Akademi Kebidanan Lenggogeni FACULTY OF PUBLIC HEALTH Specialisation HEALTH ADMINISTRATION POLICY UNIVERSITY ANDALAS Thesis, Juli 2012 SILVER AS, No. BP. 0810335130 FACTORS RELATING WITH STUDENTS LEARNING OF MIDWIFERY ACADEMY LENGGOGENI PADANG ODD SEMESTER ACADEMIC YEAR 2010/2011 ix + 56 pages, 9 tables, 1 images, 7 attachments ABSTRACT Learning outcomes is a major achievement accomplished by one student after attending the learning process. Someone said to succeed in learning when there is a change in her behavior and this change occurred because of training and experience does. Based on preliminary studies conducted on student learning outcomes of the school year 2010/2011, held at the Academy of Midwifery Lenggogeni Padang RESULTS grade students decrease from the previous year, in kindergarten I grade students decreased by 0.29%, Tk II for 0, TK III 75% and a decline of 0.77% grade. The purpose of this study was to determine the factors associated with student learning outcomes Midwifery Academy Lenggogeni Padang academic year 2010/2011. The study design used was cross sectional. The population in this study were students of the Academy of Midwifery Lenggogeni numbering 327 people with a sample of 110 people. The research was conducted in January-June primary 2012.Data collected using questionnaires. The analysis used univariate and bivariate analysis is by using Chi square test. The study found that students with low motivation 39%, students with low learning interest of 33%, students with poor condition of the school environment category by 49% and students with poor environmental conditions of the category by 41%. Chi square test results showed that there was a significant association between the variable interest in learning and community environment with learning outcomes, whereas motivational variables and environmental conditions of the school and there was no significant association with learning outcomes. Based on the results of research efforts need to be done to improve learning outcomes of students with interest in learning how to further enhance and improve the environmental conditions of communities where students live, with a growing interest in learning and provide housing for students. Bibliography :44(1995-2010) Keywords : Lenggogeni Midwifery Academy, Learning outcomes

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 19 May 2014 04:14
Last Modified: 19 May 2014 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item