Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN NILAI OSCE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Amir, Dinda Putri (2014) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN NILAI OSCE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (492Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN NILAI OSCE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS Oleh Dinda Putri Amir Kecemasan merupakan suatu penyerta yang normal dari pertumbuhan, perubahan, pengalaman dari sesuatu yang baru dan belum pernah dicoba, dan dari penemuan identitas diri serta arti hidup. OSCE adalah salah satu bagian dari ujian komprehensif yang menguji keterampilan medis mahasiswa yang akan memasuki kepaniteraan klinik. Meskipun ujian ini hampir serupa dengan ujian skills lab tapi materi ujian lebih banyak dan setting ujian menuntut mahasiswa untuk melakukan ujian tersebut secara cepat, tepat, dan lengkap, sehingga ini merupakan pengalaman baru bagi mereka. Situasi tersebut menyebabkan timbulnya kecemasan pada mahasiswa menjelang OSCE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan nilai OSCE mahasiwa FK Unand. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Data mengenai tingkat kecemasan diperoleh melalui wawancara kepada peserta OSCE dan data mengenai nilai OSCE diperoleh dari bagian Akademik FK Unand yang selanjutnya dianalisis melalui uji korelasi Gamma dan Somers‟d. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar - 0,042 dan nilai signifikansi >0,05. Dengan demikian, terdapat korelasi negatif yang tidak bermakna antara tingkat kecemasan dengan nilai OSCE mahasiswa FK Unand. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan nilai OSCE mahasiwa FK Unand. Kata kunci : kecemasan, ujian, OSCE. ABSTRACT CORRELATION BETWEEN ANXIETY LEVEL IN DEALING OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) WITH STUDENTS’S VALUE OF OSCE IN FACULTY OF MEDICINE ANDALAS UNIVERSITY By Dinda Putri Amir Anxiety is a normal concomitant of growth, change, experience of something new and untried, and from finding self identity and the meaning of life. OSCE is a part of comprehensive exam that examine medical skills of the students who will enter their clinical stage. Although this exam is similiar like skills lab exam but the matters of exam is more complex and the setting of exam ask them to do it quickly, appropriately, and completely, so this is a new experience for them. These situations cause anxiety in students toward OSCE. This study aims to determine the correlation between anxiety level in dealing objective structured clinical examination (OSCE) with students‟s value of OSCE in Faculty of Medicine Andalas University. This research is a descriptive analytical and total of sample is 35 people. Data of the level of anxiety was obtained through interviewing the students and data of OSCE‟s value was obtained from Academic Department of Faculty of Medicine Andalas University then it was analyzed by Gamma and Somerd‟s correlation test. The result of this study is found a correlation coefficient (r) is -0,042 and level of significance >0,05. So, there is the negative correlation and not significance between anxiety level with OSCE‟s value in students of Faculty of Medicine Andalas University. Based on the result, it can be concluded that there is no correlation between anxiety level in dealing objective structured clinical examination (OSCE) with students‟s value of OSCE in Faculty of Medicine Andalas University. Keywords : anxiety, exam, OSCE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 20 May 2014 01:48
Last Modified: 20 May 2014 01:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item