Repository Universitas Andalas

REGRESI POISSON DAN PENERAPANNYA UNTUK MEMODELKAN HUBUNGAN USIA DAN PERILAKU MEROKOK TERHADAP JUMLAH KEMATIAN PENDERITA PENYAKIT KANKER PARU-PARU

Sundari, Iin (2014) REGRESI POISSON DAN PENERAPANNYA UNTUK MEMODELKAN HUBUNGAN USIA DAN PERILAKU MEROKOK TERHADAP JUMLAH KEMATIAN PENDERITA PENYAKIT KANKER PARU-PARU. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (265Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Regresi Poisson termasuk dalam regresi nonlinier yang variabel responnya dimodelkan sebagai distribusi Poisson. Variabel respon dalam regresi Poisson berasal dari data cacahan yang kejadiannya jarang terjadi. Dalam model regresi Poisson terdapat asumsi yang harus dipenuhi yakni equidispersi yang berarti nilai variansi dari variabel respon Y yang diberikan oleh X = x harus sama dengan nilai meannya yaitu V ar(Y |x) = E(Y |x) = µ. Untuk menguji kesesuaian model regresi Poisson digunakan statistik uji devians dengan rumus L(y; µˆ) . Penelitian ini membahas hubungan usia dan perilaku merokok terhadap jumlah kematian penderita penyakit paru-paru dengan menggunakan model reg- resi Poisson. Terdapat 9 kategori usia dan 4 kategori perilaku merokok. Diantara 13 parameter tersebut terdapat 10 parameter yang signifikan yakni usia 40-44, usia 45-49 tahun, 50-54 tahun, 55-59 tahun, 60-64 tahun, 65-69 tahun, 70-74 tahun, 75-79 tahun, perokok sedang, dan perokok berat. Kata Kunci: Data cacahan, Regresi Poisson, Devians.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:04
Last Modified: 10 Apr 2014 12:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19997

Actions (login required)

View Item View Item