Repository Universitas Andalas

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEMILIK DALAM PEMELIHARAAN ANJING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RABIES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2012

LESTARI, LENI (2014) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PEMILIK DALAM PEMELIHARAAN ANJING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RABIES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2012. Other thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB1)
Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (32Kb) | Preview

Abstract

Rabies adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas (anjing, kucing, dan kera). Puskesmas Pauh memiliki jumlah kasus gigitan rabies tertinggi (49 kasus) dan satu kasus kematian pada manusia dibandingkan puskesmas lainnya di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tindakan pemilik dalam pemeliharaan anjing sebagai upaya pencegahan rabies di wilayah kerja puskesmas Pauh Kota Padang tahun 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study dari Bulan Januari sampai Juli 2012. Populasi penelitian adalah pemilik anjing di wilayah kerja Puskesmas Pauh sejumlah 557 KK dan besar sampel 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Data dianalisis dengan chi-square secara univariat dan bivariat lalu disajikan dalam bentuk tabel, diagram, dan narasi. Dari hasil penelitian didapatkan persentase terbanyak adalah 54,7% memiliki tindakan yang kurang baik dalam pemeliharaan anjing, 75,0% memiliki tingkat pengetahuan rendah, 78,1% berpendapat kurangnya sarana vaksinasi rabies, 60,9% memiliki keterpaparan media penyuluhan yang kurang baik, 71,9% kurang mendapatkan anjuran dari petugas peternakan, dan 54,7% kurang mendapatkan anjuran dari tokoh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tingkat pengetahuan, ketersediaan sarana vaksinasi, keterpaparan media penyuluhan, dan anjuran petugas peternakan berhubungan dengan tindakan pemeliharaan anjing dalam pencegahan rabies. Disarankan kepada petugas Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan untuk meningkatkan pengetahuan pemilik anjing tentang pentingnya pemeliharaan anjing dalam pencegahan rabies, juga meningkatkan ketersediaan sarana vaksinasi rabies dan dukungan penuh dari tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Ilmu Kesehatan Anak
Depositing User: Erid defrianto yusuf
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:46
Last Modified: 12 Apr 2014 04:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20002

Actions (login required)

View Item View Item