Repository Universitas Andalas

Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Perawat Pelaksana dengan Pelaksanaan Pendokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Sawahlunto Tahun 2012

Laila, Refni (2014) Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Perawat Pelaksana dengan Pelaksanaan Pendokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Sawahlunto Tahun 2012. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (21Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dokumentasi asuhan keperawatan sebagai salah satu alat bukti tanggung jawab dan tanggung gugat dari perawat dalam menjalankan tugas, sarana bukti informasi antar perawat dengan perawat dan juga merupakan payung atau pelindung hukum bagi perawat. Survey yang peneliti lakukan pada 8 Januari 2012 didapatkan model berupa pengisian format dimana 85% pengisian dokumentasi keperawatan di rumah sakit tidak lengkap dari wawancara dengan Kepala Seksi Keperawatan, Kepala Ruangan dan perawat pelaksana. Tujuan penelitian untuk mengukur hubungan faktor-faktor motivasi perawat pelaksana dengan pelaksanaan pendokumentasi asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Sawahlunto. Desain penelitian menggunakan metode riset kuantitatif dengan deskriptif korelasi melalui pendekatan “cross sectional“. Jumlah sampel 60 perawat. Analisis data menggunakan Chi-Square dan regresi logistik. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan motivasi intrinsik (prestasi p=0,05, tanggung jawab p=0,025 dan pengakuan p=0,043) dan ekstrinsik (reward p=0,05, kondisi kerja p=0,045, prosedur p=0,05, mutu p=0,043 dan kebijakan p=0,048) dengan pelaksanaan pendokumentasi asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Sawahlunto (rata-rata p value < 0,05). Hasil uji multivariat diperoleh motivasi intrinsik (prestasi, tanggungjawab, pengakuan) dan motivasi ekstrinsik (kebijakan) sebagai variabel dominan yang mempengaruhi pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan. Pihak Manajemen rumah sakit disarankan untuk menetapkan kebijakan pemberlakuan dan evaluasi proses pelaksanaan pendokumentasi asuhan keperawatan secara konsisten dan berkelanjutan. Kata kunci : Motivasi, pendokumentasian, perawat. Daftar Bacaan : 36 (2000-2012)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Doktor
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 20 May 2014 06:14
Last Modified: 20 May 2014 06:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item View Item