Repository Universitas Andalas

ANALISIS HUKUM TERHADAP PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 502 K/Pdt.Sus/2010 BERKAITAN DENGAN PENERAPAN PASAL 17 UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT

GUSON, SUHARTA (2014) ANALISIS HUKUM TERHADAP PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 502 K/Pdt.Sus/2010 BERKAITAN DENGAN PENERAPAN PASAL 17 UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (368Kb) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU Persaingan Usaha) yang mengatur tentang prilaku-prilaku pelaku usaha, yaitu yang berkaitan dengan monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan undang-undang ini sekaligus melakukan penegakan hukum yaitu Komisi Persaingan Usaha yang selanjutnya disebut dengan KPPU. KPPU saat ini telah berhasil menangani perkara-perkara praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, diantaranya adalah kasus dugaan praktek monopoli yang dilakukan oleh Carrefour melalui akuisisi terhadap saham Alfa yang telah di putuskan oleh KPPU dalam putusan KPPU Nomor 09/KPPU-L/2009 yang menyatakan Carrefour terbukti melakukan monopoli yaitu melanggar Pasal 17 ayat (1) dan Pasal 25 ayat (1) huruf a UU Persaingan Usaha. Hal inilah yang menimbulkan pro dan kontra yang akhirnya Carrefour mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri (PN) dan akhirnya sampai ke tingkat kasasi di Mahkamaah Agung (MA) dimana pada tingkat kasasi ini MA menguatkan putusan PN yang membatalkan Putusan KPPU yaitu melalui Putusan MA Nomor 502 K/Pdt.Sus/2010.Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai penerapan Pasal 17 UU Persaingan Usaha dalam kasus Carrefour tersebut, terkait dengan Putusan KPPU No. 09/KPPU-L/2009 yang kemudian dibatalkan oleh Putusan MA No. 502 K/Pdt.Sus/2010, yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu pengaturan ketentuan tentang monopoli dalam UU Persaingan usaha, dasar pertimbangan KPPU dalam Putusan KPPU No. 09/KPPU-L/2009 terkait dengan penerapan pasal 17 UU Persaingan Usaha, dan dasar pertimbangan MA dalam Putusan MA Nomor 502 K/Pdt. Sus/2010 terkait dengan penerapan pasal 17 UU Persaingan Usaha. Tipe penelitian dalam skripsi ini adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengaturan ketentuan mengenai tentang monopoli diatur dalam Pasal 17 UU Persaingan Usaha, dasar pertimbangan KPPU dalam Putusanya adalah bahwa Carrefour telah memenuhi unsur-unsur Pasal 17 UU Persaingan Usaha, dan dasar pertimbangan MA dalam Putusanya yang membatalkan Putusan KPPU adalah bahwa Carrefour tidak terbukti melanggar ketentuan Pasal 17 UU Persaingan Usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Agustiadi rd agustiadiRudi
Date Deposited: 20 May 2014 01:46
Last Modified: 20 May 2014 01:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item