Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI PROGRAM KREDIT MIKRO NAGARI (PKMN) DI KABUPATEN 50 KOTA TAHUN 2009-2011 (Studi Nagari Situjuah Banda Dalam dan Nagari Andaleh)

IRADATI, RIRIN (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM KREDIT MIKRO NAGARI (PKMN) DI KABUPATEN 50 KOTA TAHUN 2009-2011 (Studi Nagari Situjuah Banda Dalam dan Nagari Andaleh). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (cover)
Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (daftar isi)
Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (abstrak)
Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (bab 1)
Download (277Kb) | Preview

Abstract

Implementasi Program Kredit Mikro Nagari di Nagari Situjuah Banda Dalam dan Nagari Andaleh. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis etik emik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Kredit Mikro Nagari (PKMN) di Kabupaten 50 Kota Tahun 2009-2011 (Studi Nagari Situjuah Banda Dalam dan Nagari Andaleh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Kredit Mikro Nagari Situjuah Banda Dalam sudah dapat terlaksana. Sedangkan pada Nagari Andaleh masih terkendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan teori implmentasi kebijakan menurut Edward III. Dalam hal komunikasi yang terjadi di Nagari Situjuah Banda Dalam sudah cukup baik terbukti bahwa telah terlaksananya program KMN tersebut hingga sekarang dengan baik, sedangkan pada Nagari Andaleh belum tersampaikan secara jelas sehingga terkendala dalam teknis pelaksanaannya. Berdasarkan sumberdaya yang dimiliki kedua Nagari tersebut sama-sama memiliki sumberdaya manusia yang cukup bagus tetapi belum didukung oleh fasilitas seperti sarana kantor dan perlengkapan lainnya. Dilihat dari pendekatan disposisi, anggota Pokja Nagari Situjuah Banda Dalam diberikan penghargaan dari apa yang telah dikerjakananya, sedangkan pada Nagari Andaleh tidak ada diberikan semacam tanda jasa, sehingga hal ini mempengaruhi terhadap kinerja anggota Pokja. Terakhir dalam strukrur birokrasi, adanya hubungan koordinasi yang baik antara setiap anggota Pokja Nagari Situjuah Banda Dalam serta dengan perangkat Pemerintah Nagari terbukti dengan adanya dukungan dengan dibentuknya Peraturan Nagari dalam pelasanaan KMN di Nagari tersebut, sedangkan yang terjadi di Nagari Andaleh kurangnya koordinasi antar anggota dan perangkat Nagari yang menyebabkan gagalnya pelaksanaan KMN di Nagari Andaleh Kata Kunci : Pemberdayaan, Implementasi, Komunikasi, Disposisi, Struktur Birokrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:11
Last Modified: 02 Jun 2014 00:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item