NIZELAWATI, NIZELAWATI
(2014)
ANALISA USAHA KERIPIK NANGKA DAN KERIPIK PISANG
PANDA ALAMI DI KECAMATAN GEDONG TATAAN
KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
ANALISA USAHA KERIPIK NANGKA DAN KERIPIK PISANG PANDA
ALAMI DI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN
PROVINSI LAMPUNG
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli – Agustus 2012 yang bertujuan
untuk mendeskripsikan profil Usaha Panda Alami dan menganalisa tingkat
keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari key informan (pemilik usaha
dan tenaga kerja bidang produksi dan pemasaran). Data yang dikumpulkan terdiri dari
data primer dan data sekunder, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk
mendeskripsikan profil usaha dan kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis
keuntungan dan titik impas pada usaha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Panda Alami dalam aspek
operasional, usaha masih mengandalkan pemilik usaha dalam pengoperasian mesin
produksi. Pihak usaha belum mengusahakan untuk menambah jumlah pemasok bahan
baku sehingga proses produksi masih terbatas pada ketersediaan bahan baku, begitu
juga untuk peralatan. Pada aspek pemasaran, usaha melakukan diversifikasi produk
untuk kedua jenis produknya. Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran
pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Promosi yang dilakukan
pihak usaha melalui personal selling. Pada aspek keuangan, usaha telah memperoleh
keuntungan dan posisi perusahaan saat ini telah berada di atas titik impas. Dari
keuntungan yang diperoleh, produk yang memberikan keuntungan tertinggi adalah
keripik nangka yaitu sebesar 92,84% atau Rp 140.161.946,46. Sementara keripik
pisang memberikan keuntungan sebesar Rp 10.810.512,54 atau 7,16% dari total
keuntungan seluruhnya.
Saran dari hasil penelitian yang dapat diberikan kepada pihak usaha adalah
memberikan pelatihan dan keterampilan pada tenaga kerja produksi, menambah
pemasok bahan baku, jumlah peralatan atau mesin produksi dan meningkatkan
kapasitas mesin produksi untuk meningkatkan jumlah produksi.
THE ANALYSIS OF JACKFRUIT AND BANANA CRISPY ENTERPRISE
PANDA ALAMI IN DISTRICT OF GEDONG TATAAN PESAWARAN
REGENCY LAMPUNG PROVINCE
ABSTRACT
This research is implemented started from July until August 2012 that
purposes to describe the profile of Panda Alami Enterprise and analyze the profit and
break even point of company. This research used descriptive method. Data were
collected from the key informan, consist of primer data and secondary data which
analyzed by qualitative descriptive to describe company profile and quantitative
analysis to analyze the profit and break even point of the company.
The result of this research shows that Panda Alami Enterprise, from the
operational aspect, still rely on the owner itself to operate the production machine.
The enterprise still has not put forth effort to add the number of suppliers for the raw
materials so that the production process is still limited to the availability of raw
materials, as well as for the equipment. From the marketing aspect, this company has
produced diversification for both of products. Panda Alami Company used direct and
indirect distribution channel and for the promotional, the company used personal
selling. From the financial aspect, Panda Alami Company has gained profit and the
company position already passed the break even point. From the profit gained, the
product which contribute the highest profit is jackfruit crispy with 92,84% or Rp
140.161.946,46. On the other hand, banana crispy contributed Rp 10.810.512,54 or
7,16% from the whole profit.
The implication of these results suggest that the company should give a skills
training for the production workers, add the number of raw materials suppliers,
increase the amount of equipment or machinery production and increase engine
production capacity to increase production.
Actions (login required)
|
View Item |