Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENGGUNAAN ZPT ROOT-UP TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR DAN ANAKAN PADA BERBAGAI BAGIAN SETEK CACAH DAUN LIDAH MERTUA (Sansevieria gracilis)

Kurniadi, Fajrin (2014) PENGARUH PENGGUNAAN ZPT ROOT-UP TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR DAN ANAKAN PADA BERBAGAI BAGIAN SETEK CACAH DAUN LIDAH MERTUA (Sansevieria gracilis). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (343Kb) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN ZPT ROOT-UP TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR DAN ANAKAN PADA BERBAGAI BAGIAN SETEK CACAH DAUN LIDAH MERTUA (Sansevieria gracilis) ABSTRAK Percobaan tentang pengaruh penggunaan ZPT Root-up terhadap pertumbuhan akar dan anakan pada berbagai bagian setek cacah daun lidah mertua (sansevieria gracilis) telah dilaksanakan di Screen House Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2011. Percobaan ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial) yaitu faktor pertama terdiri dari 4 taraf dan faktor kedua terdiri dari 3 taraf. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendapatkan interaksi antara penggunaan beberapa kosentrasi Root-up dan penggunaan ujung, tengah, pangkal pada setek cacah daun lidah mertua Sansevieria gracilis, 2). Mendapatkan kosentrasi Root-Up yang terbaik untuk pertumbuhan akar dan anakan pada setek cacah daun lidah mertua (Sansevieria gracilis) dan 3). Mendapatkan bagian daun yang terbaik dari bagian ujung, tengah, atau pangkal pada setek cacah daun lidah mertua (Sansevieria gracilis). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji F atau sidik ragam, dan jika F hitung berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Sebagai perlakuan faktor pertama adalah kosentrasi Root-up yang digunakan adalah 0 ppm, 500 ppm, 1000 ppm, 1500 ppm sedangkan yang menjadi faktor kedua adalah bagian daun tanaman sansevieria yang akan disetek yaitu bagian ujung, bagian tengah, dan bagian pangkal. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa terjadi interaksi antara beberapa kosentrasi ZPT Root-up dan bagian setek cacah daun Sansevieria graclis terutama pada variabel pengamatan waktu muncul anakan dan jumlah anakan, Konsentrasi ZPT Root-up yang terbaik untuk pertumbuhan akar adalah tanpa perlakuan (0 ppm) sedangkan untuk pertumbuhan anakan adalah 1500 ppm, Bagian daun yang terbaik pada setek cacah daun untuk pertumbuhan anakan adalah bagian ujung sedangkan untuk pertumbuhan akar adalah bagian pangkal. Kata kunci : ZPT Root-up, Sansevieria graricilis dan bagian setek cacah daun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Pemuliaan Tanaman
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 19 May 2014 03:40
Last Modified: 19 May 2014 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20139

Actions (login required)

View Item View Item