Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK CAP TIGA SENDOK DI KOTA PADANG

YANTI, RIFI (2014) STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK CAP TIGA SENDOK DI KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (204Kb) | Preview

Abstract

STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK CAP TIGA SENDOK DI KOTA PADANG ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case study) dengan pengumpulan data primer diperoleh dari pimpinan usaha dan data sekunder diperoleh dari Disperindagtamben Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran kopi bubuk Cap Tiga Sendok dan merumuskan strategi pemasaran usaha kopi bubuk Cap Tiga Sendok untuk meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor internal yang mempengaruhi pemasaran kopi bubuk Cap Tiga Sendok, yaitu: rasa kopi enak, produk kopi bubuk memiliki izin, namun belum memiliki label halal, mutu produk baik, adanya potongan harga, namun lebih rendah dari pesaing, distribusi produk lancar, namun kurang diketahui oleh konsumen akhir karena lokasi usaha tidak strategis, peralatan masih sederhana, bentuk kemasan plastik sama dengan pesaing dan kemasan kertas membuat produk tidak tahan lama. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu: adanya pasar potensial yang belum dimasuki, adanya lembaga penyedia modal pinjaman bagi UKM, trend kebiasaan meminum kopi di masyarakat, adanya teknologi baru yang bisa dimanfaatkan. Terdapat tujuh alternatif strategi berdasarkan matrik SWOT yang dapat digunakan untuk meningkatkan volume penjualan kopi bubuk, yaitu: menambah jenis ukuran kemasan, melengkapi atribut kemasan, mempertahankan dan meningkatkan mutu produk, pemberian potongan harga, menambah pangsa pasar di pasar saat ini, melakukan promosi, mengajukan pinjaman dana pada lembaga keuangan. Untuk itu, strategi yang bisa diterapkan diharapkan segera bisa direalisasikan demi meningkatkan volume penjualan kopi bubuk Cap Tiga Sendok. Kata kunci: faktor internal dan eksternal, strategi MARKETING STRATEGY OF COFFEE POWDER 3 SENDOK IN PADANG CITY ABSTRACT The research was conducted from June-July 2012 using a descriptive method. Data were collected from primary and secondary sources. Primary data were obtained from business leader and the secondary data were obtained from government institution in Padang. This study aimed to describe internal and external factors that influence the marketing of coffee powder 3 sendok and to formulate marketing strategies in order to increase sales volume. The results showed that internal factors that influence marketing of coffee powder 3 sendok are the coffee taste is good; the coffee have a permit; but do not have a halal label yet, the quality of the product is good; the discounted price is lower than competitors; business location is not in strategic location, the equipment is simple, paper packaging makes the product is not durable. The external factors are; potential market has not been entered, financial support for small business, life style in drink coffee and a new technology that can be used. There are seven alternative strategies based on SWOT matrix that can be used to increase coffee sales. They are increasing the type size of product packaging, completing packaging attributes, maintaining and improving the quality of the product, giving discounts, increasing market share, promoting the product and applying for a loan to financial institutions. It is suggested that the strategis can be implemented by the enterprice to increase sales volume. Keyword: Internal and external factor, strategy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:16
Last Modified: 02 Jun 2014 00:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item