Repository Universitas Andalas

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang)

PUTRA, DODI (2014) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF
Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (314Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (27Kb) | Preview

Abstract

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Dodi Putra, 07140040, Fakultas Hukum UNAND, 83 halaman,2012) ABSTRAK Kondisi umum penegakan hukum di Indonesia sampai dengan saat ini belum membaik, bahkan ada kecenderungan mengalami penurunan baik secara kualitas maupun kuantitas. Adanya diskriminasi dalam penegakan hukum. Perkara-perkara yang melibatkan masyarakat marginal proses penyelesaian perkaranya begitu cepat, sementara perkara-perkara yang melibatkan masyarakat elit menjadi kabur dan pelakunya kebanyakan bebas atau mendapatkan hukuman yang lebih ringan dari yang sepatutnya. Adapun yang menjadi masalah dalam tulisan ini adalah: a) Pelaksanaan penegakan hukum terhadap anggota POLRI yang melakukan tindak pidana Narkotika di wilayah Hukum Pengadilan Negeri Padang. b) Sanksi pidana yang diberikan oleh hakim terhadap anggota Polri yang melakukan tindak pidana narkotika tersebut. c) Kendala yang dihadapi oleh penyidik, penuntut umum, dan hakim dalam penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anggota POLRI tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis (empiris) yaitu pendekatan terhadap masalah dengan melihat dan memperhatikan norma hukum yang berlaku dihubungkan dengan fakta yang ada. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan penegakan hukum terhadap anggota POLRI yang melakukan tindak pidana Narkotika dalam hal penegakannya sama dengan hukum sipil,baik dalam tingkat penyidikan, penuntutan, sampai pengadilan, tuntutan dan putusan yang diberikan terlalu ringan. Sanksi pidana yang diberikan oleh hakim terhadap anggota POLRI yang melakukan tindak pidana narkotika berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan tidak ada ditambahkan sepertiga pidana dari yang diputuskan dan adanya kendala yang dihadapi oleh penyidik, penuntut umum, dan hakim dalam penanganan tindak pidana yang dilakukan anggota POLRI., baik itu dalam tahap penyidikan, penuntutan, sampai persidangan, tidak mempengaruhi proses penyidikan, penuntutan maupun sampai proses jalanya persidangan tersebut Saran penulis dalam hal penegakan hukum seharusnya semua institusi penegak hukum harus saling bekerja sama agar tercapainya penegakan hukum dan rasa keadilan bagi semua elemen masyarakat. Skripsi telah dipertahankan di depan Sidang Penguji dan dinyatakan lulus pada tanggal: 9 Agustus 2012

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 19 May 2014 03:40
Last Modified: 19 May 2014 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item