Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HAK ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK TANJUNG PATI KABUPATEN 50 KOTA MENURUT KAJIAN UNDANG -UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA

FEBRIYANI, DWI (2014) PERLINDUNGAN HAK ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK TANJUNG PATI KABUPATEN 50 KOTA MENURUT KAJIAN UNDANG -UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF
Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (331Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (86Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak dia lahir. Tidak luput pula hak yang terdapat pada anak yang berada di lembaga pemsyarakatan. Secara teori semua hak anak tersebut telah diatur dalam perundang-ungangan negara kita hanya saja permasalahan yang sering timbul mengenai hak nak yang berada di lembaga pemasyarakatan adalah dari segi pelaksanaan apakah sudah sesuai dengan perturan perundang-undangan yang berlaku. Adupun yang menjadi permaslahan yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah: Pertama Apa bentuk hak-hak anak selama berada di Lembaga Pemasyarakatan? Kedua Bentuk pelaksanaan hak terhadap anak selama di Lembaga pemasyarakatan Anak Tanjung Pati Kabupaten 50 Kota dan bagaimana perlindungan hak tersebut? Ketiga Apa kendala dalam menerapkan perlindungan hak terhadap anak di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Pati serta upaya untuk mengatasinya? Metode penelitian yang dilakukan menggunkana pendekatan yuridis sosiologis (empiris) yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke lapangan untuk memperoleh data primer, yang akan dianalisis dengan peraturan hukum yang berhubungan tentang Perlindungan Hukum terhadap Hak Anak pada Lembaga Permasyarakatan dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dan untuk sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data yang didapatkan tersebut dianalisis secara kualitatif, sehingga diperoleh gambaran yang akurat dari segi uraian kata-kata yang diperoleh dari tempat penelitian. Berdasarkan penelitan yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan, dari segi perturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak anak yang berada di lembaga pemsyarakatan tidak ada bedanya dengan hak anak secara umum. Akan tetapi dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat pelaksanaan yang kurang optimal khususnya dalam hal hak anak mendapatkan pendidikan sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk meningkatkan perlindungan hak anak tersebut dibuatlah sebuat Tim Pengamat Pemasyarakatan yang berfungsi untuk mengamati pelaksanaan pemebrian hak di dalam lembaga pemasyarakatan itu sendiri. Disamping itu juga dilakukan sistim perwalian yang dapat mengontrol anak yang berada di lembaga pemasyarakatan. Dengan adanya ketentuan tersebut diharapkan perlindungan hak terhadap anak di lembaga pemasyarakatan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > KF United States Federal Law
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:18
Last Modified: 14 Apr 2014 01:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item