Repository Universitas Andalas

KONTRIBUSI PENDAPATAN DARI PENYADAPAN GETAH PINUS (Pinus merkusii) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENYADAP (Studi Kasus Di Jorong Talago Gunuang Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar)

WELDO.S, WELDO.S (2014) KONTRIBUSI PENDAPATAN DARI PENYADAPAN GETAH PINUS (Pinus merkusii) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENYADAP (Studi Kasus Di Jorong Talago Gunuang Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (174Kb) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI PENDAPATAN DARI PENYADAPAN GETAH PINUS (Pinus merkusii) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENYADAP (Studi Kasus Di Jorong Talago Gunuang Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar) ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pendapatan dari penyadapan getah Pinus (Pinus merkusii) terhadap pendapatan rumah tangga penyadap, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menarik petani melakukan penyadapan getah Pinus (Pinus merkusii). Metode penelitian ini adalah studi kasus, Pengambilan data dilakukan pada hutan pinus yang dikelola PT Inhutani IV Jorong Talago Gunuang Tanjung Emas Tanah Datar. Sebanyak 60 orang diwawancarai untuk mendapatakan data yang terdiri atas 30 orang petani bukan penyadap dan 30 orang penyadap getah pinus. Sampel petani ini diambil secara acak sederhana. Penyadapan getah pinus berkontribusi besar terhadap pendapatan rumah tangga penyadap pada tahun 2010 sebesar 73,87 % dari total pendapatan rumah tangga. Faktor-faktor yang menarik petani menyadap getah pinus adalah pendapatan dari penyadapan getah pinus lebih besar dari bertani, jam kerja penyadapan lebih pendek dari jam kerja bertani, insentif yang diberikan PT Inhutani IV untuk penyadap, kendala yang ditemui lebih sedikit dibandingkan bertani. Pendapatan penyadap masih dapat ditingkatkan bila PT Inhutani IV memberikan upah yang lebih tinggi, produksi dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknologi penyadapan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Pemuliaan Tanaman
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:16
Last Modified: 02 Jun 2014 00:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item