Repository Universitas Andalas

THE NARRATIVE PATTERN OF THREE KATE CHOPIN’S SELECTED SHORTSTORIES (“The Storm”, “A Respectable Women” and “A Pair of Silk Stockings”)

TRISNA, LEONY (2014) THE NARRATIVE PATTERN OF THREE KATE CHOPIN’S SELECTED SHORTSTORIES (“The Storm”, “A Respectable Women” and “A Pair of Silk Stockings”). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (445Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tiga cerita pendek karya Kate Chopin; “The Storm”, “A Respectable Women” dan “A Pair of Silk Stockings”. Permasalahan yang akan dibahas adalah untuk menemukan kesamaan struktur naratif dalam ketiga cerita pendek tersebut. Karya tersebut dibahas dengan tujuan agar pembaca dapat memahami cerita pendek secara terstruktur. Selanjutnya, pembaca diharapkan dapat memperoleh makna atau pesan yang baru. Analisis ini menggunakan pendekatan struktural yang dikembangkan oleh Todorov yang mengembangkan teori struktural analogis. Todorov membagi struktur naratif menjadi proposisi (proposition) dan sekuen (sequences), dan aspek semantik (semantic aspects) yaitu tema. Struktur proposisi merupakan unit terkecil dalam naratif. Didalamnya terdapat karakter sebagai kata benda dan aksi sebagai kata kerja. Kemudian berkembang menjadi sekuen, setiap sekuen memiliki ciri tersendiri, tergantung hubungannya dengan proposisi. Sekuen membahas urutan kejadian yang berhubungan dengan proposisi. Setelah itu penulis menghubungkan proposisi dan sekuen dalam bentuk diagram yang dapat ditarik temanya dalam struktur semantik. Dari hasil pembahasan ini, penulis menemukan bahwa adanya struktur naratif yang sama dari ketiga cerita pendek ini. Setiap karakter utama adalah wanita yang menghadapi hal sepele yang seharusnya tidak perlu diributkan. Di tengah konflik tersebut seolah-olah mereka teringat kembali ke permasalahan yang dahulu pernah mereka hadapi. Meskipun begitu, ketiga karakter utama ini pada akhir cerita selalu kembali memposisikan dirinya pada dia yang sebenarnya. Penulis menyimpulkan tema dan pesan dari cerita pendek tersebut adalah, meskipun setiap wanita memiliki kesenangan atau hasrat tersendiri, tetapi pada akhirnya mereka akan kembali kepada dirinya sendiri, contohnya kembali kepada pasangannya atau orang terkasihnya. Kata kunci: naratif, todorov, strukturalisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:12
Last Modified: 02 Jun 2014 00:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item