Repository Universitas Andalas

ANALISIS USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI (STUDI KASUS KELOMPOK TANI SETIA KAWAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA)

Oktaviani, Nini (2014) ANALISIS USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI (STUDI KASUS KELOMPOK TANI SETIA KAWAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (150Kb) | Preview

Abstract

ANALISIS USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI (Studi Kasus : Kelompok Tani Setia Kawan Kabupaten Lima Puluh Kota) Nini Oktaviani, di bawah bimbingan Dr. Ir. Arfa’i, MS dan Ir. Fuad Madarisa, M.Sc Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan Jurusan Produksi Ternak. Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk “Menganalisis perkembangan usaha pembibitan sapi potong kelompok Tani – Ternak Setia Kawan setelah menerima pinjaman KKPE dan menganalisis kendala yang dihadapi kelompok dan solusi pemecahannya dalam melaksanaka usaha pembibitan sapi potong”. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Peubah yang diamati terdiri dari a) Perkembangan usaha pembibitan sapi potong meliputi alokasi dana yang digunakan oleh masing – masing peternak. Peningkatan populasi ternak pada kelompok Tani – Ternak Setia Kawan mengalami peningkatan sebesar 30,95 %. Bibit yang digunakan pada kelompok Tani Setia Kawan adalah Simmental. pakan yang diberikan peternak kelompok Tani Setia Kawan memberikan rumput gajah sebagai hijauan utama, sedangkan pemberian konsentrat berupa dedak dan ampas tahu. Bangunan kandang yang digunakan adalah bangunan kandang semi permanen. Lantai kandang terbuat dari beton, tiang – tiang penyangga terbuat dari kayu dengan atap seng. Kandang dibatasi dengan sekat pembatas untuk masing – masing ternak. Peternak melakukan pencegahan penyakit dengan menjaga kebersihan kandang dan sapi, pemberian pakan yang teratur dan vaksinasi. Namun jika ada ternak yang terserang penyakit, peternak langsung menghubungi petugas keswan atau mantri ternak. Rata – rata angka kelahiran ternak sebesar 64,29 %, Calving Interval pada kelompok Tani Setia Kawan berkisar antara 14 – 15 bulan. Nilai S/C pada kelompok ini adalah 2,21 ini berarti untuk terjadi kebuntingan diperlukan 2 kali IB. Pendapatan kelompok adalah sebesar Rp. 46.890.870,-/tahun atau Rp. 3.907.572,-/bulan. Sedankan untuk pendapatan masing – masing peternak sebesar Rp. 3.349.347,-/tahun atau Rp. 279.112,-/bulan. b) Kendala yang dihadapi adalah a) Plafon KKPE yang disediakan bankdapat dimanfaatkan dan disalurkan ke peternak b) peternak mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah sebesar 8 %, bunga yang ditanggug peternak setiap tahunnya 7 % c) produktifitas meningkat dengan jumlah populasi sebanyak 27 ekor. Kata Kunci : Analisis usaha Pembibitan Sapi Potong, kelompok Tani – Ternak Setia Kawan, Kredit Ketahanan pangan dan Energi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 20 May 2014 06:13
Last Modified: 20 May 2014 06:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item