Repository Universitas Andalas

STUDI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TUNED MASS DAMPER DALAM UPAYA MENGURANGI PENGARUH BEBAN GEMPA PADA STRUKTUR BANGUNAN TINGGI DENGAN LAYOUT BERBENTUK H

Saputra, Beri (2014) STUDI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TUNED MASS DAMPER DALAM UPAYA MENGURANGI PENGARUH BEBAN GEMPA PADA STRUKTUR BANGUNAN TINGGI DENGAN LAYOUT BERBENTUK H. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (220Kb) | Preview

Abstract

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diketahui kapan terjadinya. Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan serius pada struktur bangunan. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi pengaruh gempa bumi pada struktu bangunan adalah dengan Tuned Mass Damper. Tuned Mass Damper berfungsi untuk meredam getaran dengan mengontrol respon struktur yang menerima pembebanan gempa, pembebanan gempa ini direduksi melalui massa tambahan yang dipasang pada struktur utama. Analisa struktur harus dilakukan pada bangunan tersebut. Struktur yang dibandingkan adalah struktur dengan layout berbentuk H yang tidak memakai TMD dengan yang menggunakan TMD. Pembebanan dinamis pada struktur adalah respon spektrum wilayah padang. Dalam tugas akhir ini didapatkan perbandingan bidang gaya dalam, interstory drift, deformasi dan perioda yang dijadikan acuan untuk melihat efektifitas penggunaan TMD. Daerah yang dibandingkan adalah sama untuk semua pemodelan. Momen kolom yang dihasilkan oleh pemodelan 2 lebih besar dari pemodelan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan pemodelan 1, model 2 lebih besar 678.64 %. Momen balok yang dihasilkan oleh pemodelan 2 lebih besar dari pemodelan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan pemodelan 1, maka model 2 lebih besar 1630.25 %. Displacement terbesar arah y dihasilkan model 2 sebesar 40.884 mm dan jika dibandingkan dengan model 1, model 2 displacementnya lebih besar 98.16 %. Displacement terbesar arah x dihasilkan model 2 sebesar 0.859 mm, jika dibandingkan dengan model 1, model 2 lebih besar 40.35 % dari model 1. Interstory drift terkecil dihasilkan oleh model 3 sebesar 0.027 mm (arah x). Nilai perioda terbesar dihasilkan oleh model 2 sebesar 2.509 detik. Kata kunci : Bangunan tinggi, beban, respon spectrum, TMD, gaya dalam, displacement, interstory drift, perioda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:14
Last Modified: 02 Jun 2014 00:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20355

Actions (login required)

View Item View Item