Repository Universitas Andalas

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENCIRI TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN BOOTSTRAP AGGREGATING MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (BAGGING MARS) (Kasus Rumah Tangga di Kabupaten Padang Pariaman)

ARIFIN, ARIE HARIADY (2014) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENCIRI TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN BOOTSTRAP AGGREGATING MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (BAGGING MARS) (Kasus Rumah Tangga di Kabupaten Padang Pariaman). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (cover)
Download (342Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (daftar isi)
Download (424Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (abstrak)
Download (251Kb) | Preview

Abstract

Tingkat kesejahteraan suatu rumah tangga dapat diduga berdasarkan faktor-faktor pencirinya. Pada penelitian ini akan diidentifikasi faktor-faktor tersebut dengan membuat suatu model klasifikasi berdasarkan faktor-faktor yang diduga menggunakan metode Bagging MARS (Bootstrap Agregating Multivariate Adaptive Regression Splines). Tingkat kesejahteraan rumah tangga dikelompokkan menjadi dua kelompok berdasarkan garis kemiskinan, yaitu miskin dan tidak miskin. Kemudian dibuat model tingkat kesejahteraan berdasarkan 15 variabel yang mewakili aspek kependudukan, pendidikan, perumahan, ketenagakerjaan, sosial ekonomi rumah tangga, dan teknologi informasi dan komunikasi. Data yang digunakan adalah data Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2011 di Padang Pariaman. Didapatkan 12 variabel yang berkontribusi pada model. Lima diantaranya yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi berturut-turut adalah jumlah anggota rumah tangga (X5), adanya anggota rumah tangga dapat menggunakan telepon genggam (X14), umur kepala rumah tangga (X2), ijazah tertinggi yang dimiliki kepala rumah tangga (X4), dan pengalaman rumah tangga membeli beras raskin (X13). Kata kunci : Penciri Tingkat Kesejahteraan, Kemiskinan, Bagging MARS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 20 May 2014 06:16
Last Modified: 03 Feb 2015 04:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item