Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH BEROBAT DI POLIKLINIK AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012

Dezolla, Delsa (2014) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH BEROBAT DI POLIKLINIK AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012. HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH BEROBAT DI POLIKLINIK AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012 . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (318Kb) | Preview

Abstract

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Dalam dunia rumah sakit, terdapat 5 elemen bauran pemasaran yang dikenal dengan istilah 5P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), dan People (Orang). RSUP DR. M. Djamil Padang telah melakukan kegiatan pemasaran. Namun, selama tahun 2009 sampai tahun 2011 terjadi ketidakstabilan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Poliklinik Ambun Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan keputusan memilih berobat di Poliklinik Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional Study. Penelitian ini dimulai dari bulan Januari sampai September 2012 dengan jumlah populasi infinite dan besarnya sampel 108 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Systematic Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 52,80% responden menyatakan produk baik, 54,63% responden menyatakan harga terjangkau, 52,78% responden menyatakan tempat baik, 57,41% responden menyatakan promosi baik, dan 55,56% responden menyatakan orang baik. Sementara itu, 61,11% responden memutuskan memilih berobat ke RS. Terdapat hubungan yang signifikan antara produk, tempat, dan promosi dengan keputusan memilih berobat (nilai p<0,05) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara harga dan orang dengan keputusan memilih berobat (nilai p>0,05). Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan pasien untuk berobat ke RS, pihak RS harus lebih terbuka lagi dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kondisi lingkungan internal RS demi keselamatan pasiennya. Untuk menciptakan image RS yang baik di mata masyarakat, perlu adanya komunikasi yang lancar dengan masyarakat dan perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas karyawan dan petugas medis RS. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih Berobat

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:47
Last Modified: 12 Apr 2014 04:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item View Item