Repository Universitas Andalas

PENGARUH VARIASI DOSIS KOMPOS KEMPAAN GAMBIR DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.)

Siregar, Ario Frambudhi (2014) PENGARUH VARIASI DOSIS KOMPOS KEMPAAN GAMBIR DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.). PENGARUH VARIASI DOSIS KOMPOS KEMPAAN GAMBIR DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.) . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (422Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh variasi dosis kompos kempaan gambir dan intensitas cahaya matahari terhadap pertumbuhan bibit gambir (Uncaria gambir Roxb.), telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dimulai bulan Mei 2011 sampai Agustus 2011, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil dosis kompos kempaan dan intensitas cahaya yang terbaik bagi pertumbuhan bibit gambir. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) atau Split Plot Disgn (SPD) yang disusun pada secara acak lengkap terdiri dari 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Data pengamatan dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Sebagai perlakuannya, petak utama adalah intensitas cahaya terdiri 4 taraf yaitu Intensitas cahaya 100 %, Intensitas cahaya 50%, Intensitas cahaya 40%, dan Intensitas cahaya 20%, sedangakan anak petak adalah perlakuaan dosis kompos kempaan gambir terdiri 4 taraf yaitu 3,1 g/bibit, 4,4 g/bibit, 5,6 g/bibit, dan 6,9 g/bibit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dosis kompos kempaan gambir 5,6 g/bibit dan intensitas cahaya 40% memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bibit gambir pada masa pembibitan

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:13
Last Modified: 02 Jun 2014 00:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item