Repository Universitas Andalas

PATOGENISITAS BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Metarhizium spp TERHADAP KUMBANG PREDATOR Menochilus sexmaculatus F. (Coleoptera: Coccinelidae)

Permadi, Muhammad Agung (2014) PATOGENISITAS BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Metarhizium spp TERHADAP KUMBANG PREDATOR Menochilus sexmaculatus F. (Coleoptera: Coccinelidae). PATOGENISITAS BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Metarhizium spp TERHADAP KUMBANG PREDATOR Menochilus sexmaculatus F. (Coleoptera: Coccinelidae) . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (611Kb) | Preview

Abstract

Metarhizium spp merupakan cendawan entomopatogen yang mempunyai kisaran inang luas. Cendawan Metarhizium spp tidak hanya dapat menginfeksi serangga hama, namun juga dapat menginfeksi serangga bermanfaat seperti predator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari patogenisitas beberapa isolat Metarhizium spp terhadap kumbang predator Menochilus sexmaculatus. Penelitian ini telah dilaksanakan di laboratorium Pengendalian Hayati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, dimulai pada bulan Februari sampai Juni 2012. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol, dan empat isolat Metarhizium spp (MetPKo, MetLKt, MetAKi, dan MetKbCi). Kerapatan konidia yang digunakan adalah 108 konidia/ml. Pengamatan dilakukan terhadap mortalitas larva, persentase pupa terbentuk, persentase imago terbentuk, dan kemampuan memangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua isolat Metarhizium spp bersifat patogen terhadap kumbang predator M. sexmaculatus. Isolat yang paling rendah patogenisitasnya adalah isolat MetKbCi yaitu 27,50% sedangkan isolat MetPKo, MetLKt dan MetAKi menghasilkan patogenisitas tertinggi berturut-turut sebesar 62,50%, 65%, dan 67,50%. Kata kunci: Patogenisitas, Cendawan entomopatogen, Kumbang predator

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 05:32
Last Modified: 12 Apr 2014 05:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item