Repository Universitas Andalas

Pembuatan Pola Tingkat Pembakaran Melalui Deteksi Emisi Gas Buang Pada Motor Bensin Karburator Sistem 4-Tak Menggunakan Sensor Gas Dengan Metode Fast Fourier Transform (FFT)

Ersan, Loli Olivia (2014) Pembuatan Pola Tingkat Pembakaran Melalui Deteksi Emisi Gas Buang Pada Motor Bensin Karburator Sistem 4-Tak Menggunakan Sensor Gas Dengan Metode Fast Fourier Transform (FFT). Pembuatan Pola Tingkat Pembakaran Melalui Deteksi Emisi Gas Buang Pada Motor Bensin Karburator Sistem 4-Tak Menggunakan Sensor Gas Dengan Metode Fast Fourier Transform (FFT) . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1287Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pola tingkat pembakaran melalui deteksi emisi gas buang yang dapat digunakan sebagai input untuk pengambilan keputusan tingkat pembakaran dengan klasifikasi pola tingkat pembakaran sempurna dan pola tingkat pembakaran tidak sempurna. Sistem ini dirancang dengan menggunakan sensor gas KE-50 dan MG-811 yang berfungsi untuk mendeteksi kadar gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) yang terkandung pada emisi gas buang kendaraan. Dimana sensor ini memiliki respon yang berbeda ketika mendeteksi adanya gas CO2 dan O2. Gas CO2 dan O2 menunjukkan hasil pembakaran di dalam mesin. Semakin tinggi nilai CO2 maka semakin baik pembakaran yang terjadi. Sedangkan jika O2 terlalu banyak keluar dari sisa gas buang menandakan proses pembakaran di mesin tidak optimal. Untuk pembuatan pola tingkat pembakaran digunakan metode FFT (Fast Fourier Transform) sehingga sinyal analog yang didapat dari sensor bisa terpolakan. Hasil akhir yang didapat dari 10 kali pengujian adalah dari 1 mobil karburator dengan tingkat pembakaran sempurna dan 10 sampel acak dari mobil karburator yang belum diketahui tingkat pembakarannya. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat diketahui pola tingkat pembakaran mobil karburator sistem 4-tak yang berbahan bakar bensin dan dapat dijadikan sebagai input pengambilan keputusan tingkat pembakaran. Keywords— Mesin bensin karburator, Emisi gas buang, Sensor Gas, FFT (Fast Fourier Transform), Pola tingkat pembakaran, Sempurna, Tidak sempurna

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: Riani Tri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2014 05:33
Last Modified: 12 Apr 2014 05:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item