Repository Universitas Andalas

Pengaruh NAA dan BAP Terhadap Regenerasi Kalus Kentang (Solanum tuberosum L.) Hasil Induksi Mutasi Ethyl Methane Sulphonate (EMS)

Wartina, Riwahyu (2014) Pengaruh NAA dan BAP Terhadap Regenerasi Kalus Kentang (Solanum tuberosum L.) Hasil Induksi Mutasi Ethyl Methane Sulphonate (EMS). Pengaruh NAA dan BAP Terhadap Regenerasi Kalus Kentang (Solanum tuberosum L.) Hasil Induksi Mutasi Ethyl Methane Sulphonate (EMS) . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (JURNAL)
Download (653Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Pengaruh NAA dan BAP Terhadap Regenerasi Kalus Kentang (Solanum tuberosum L.) Hasil Induksi Mutasi Ethyl Methane Sulphonate (EMS). Percobaan tentang pengaruh NAA dan BAP terhadap regenerasi kalus kentang (solanum tuberosum L.) hasil induksi mutasi Ethyl Methane Sulphonate (EMS) telah dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Tumbuhan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada bulan Juli 2011 sampai dengan bulan Desember 2011. Percobaan ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi NAA dan BAP yang terbaik untuk menyokong regenerasi kalus kentang hasil induksi mutasi EMS. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor yaitu faktor A : konsentrasi NAA 1,0 mg/l, 2,0 mg/l, 3,0 mg/l, dan 4,0 mg/l dan faktor B : konsentrasi BAP 1,0 mg/l, 2,0 mg/l, 3,0 mg/l, 4,0 mg/l dan 5,0 mg/l. Data hasil pengamatan dianalisis ragam dengan uji F, bila F hitung besar dari F tabel 5% dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test DNMRT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara NAA dan BAP terhadap regenerasi kalus kentang menjadi planlet, waktu muncul rootlet, jumlah rootlet, diameter kalus dan bobot kalus. Konsentasi NAA memberikan pengaruh terhadap diameter kalus kentang dan bobot kalus kentang. Warna kalus yang dihasilkan adalah hijau keputihan, hijau kekuningan, putih kecoklatan, coklat dan coklat kekuningan. Tekstur kalus yang terbentuk adalah kompak.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 12 Apr 2014 05:33
Last Modified: 02 Apr 2015 01:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20599

Actions (login required)

View Item View Item