Repository Universitas Andalas

UJI TOKSISITAS SUB KRONIS DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annona muricata.L) TERHADAP HATI DAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH

HARISSA, MUTIA (2014) UJI TOKSISITAS SUB KRONIS DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (Annona muricata.L) TERHADAP HATI DAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH. Other thesis, Fakultas Farmasi.

[img]
Preview
PDF
Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (16Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang uji toksisitas sub kronis dari ekstrak etanol daun sirsak terhadap hati dan ginjal mencit putih. Penelitian dilaksanakan dengan metoda eksperimental. Sediaan uji diberikan secara oral dengan variasi dosis 50, 100, dan 200 mg/kg BB satu kali sehari selama 15, 30, dan 60 hari. Sebagai kelompok kontrol digunakan mencit putih yang tidak diberi sediaan uji. Pengamatan gejala toksik dilakukan terhadap aktivitas SGPT, bersihan kreatinin, dan juga pemeriksaan rasio berat organ hati dan ginjal terhadap berat badan. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pemberian ekstrak etanol daun sirsak dengan lama pemberian 60 hari menunjukan pengaruh yang signifikan pada aktivitas SGPT, bersihan kreatinin, fungsi ginjal, rasio berat organ hati dan ginjal, serta berat badan mencit (p<0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 12 Apr 2014 05:33
Last Modified: 12 Apr 2014 05:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item