Laksono , Heru Dibyo and Dinata, Uyung Gatot S (2014) PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI DERAU AKTIF DENGAN ALGORITMA LEAST MEAN SQUARE (LMS). Working Paper. Fakultas Teknik. (Unpublished)
Microsoft Word (PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI DERAU AKTIF DENGAN ALGORITMA LEAST MEAN SQUARE (LMS))
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24Kb) |
Abstract
Sinyal derau yang timbul dari sistem yang sedang beroperasi mengakibatkan performansi sistem kurang baik. Kendali derau aktif menghilangkan derau berdasarkan prinsip superposisi. Sinyal anti derau dibangkitkan dengan amplitudo yang sama dengan sinyal derau namun berbeda fasa 1800. Kedua sinyal ini dikombinasikan sehingga akan saling menghilangkan. Dengan menerapkan kendali derau aktif maka dapat menunjang performansi sistem agar lebih baik. Metoda yang digunakan untuk membangkitkan sinyal anti derau ini yaitu dengan menerapkan algoritma Least Mean Square (LMS) untuk memperbaharui koefisien filter adaptif FIR (Finite Impulse Response). Masalah utama dalam kendali derau aktif dengan algoritma Least Mean Square (LMS) yaitu pemilihan nilai faktor konvergensi yang tepat untuk mendapatkan peredaman yang optimal, agar pengendali cepat konvergen dan performansi sistem lebih baik. Simulasi diawali dengan pembangkitan sinyal derau, kemudian menerapkan filter adaptif dengan algoritma Least Mean Square (LMS) untuk mereduksi derau. Hasil simulasi memperlihatkan bahwa kendali derau aktif dengan algoritma Least Mean Square (LMS) mampu meredam sinyal sinusoidal baik pada frekuensi 1000 Hz sebesar 28.32 dB dan meredam sinyal random sebesar 7.99 dB.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | SSi diana zulyetti |
Date Deposited: | 03 Jun 2010 08:48 |
Last Modified: | 07 Feb 2015 01:37 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2111 |
Actions (login required)
View Item |