Repository Universitas Andalas

Peranan Bahan Organik Segar Dalam Memperbaiki Sifat Fisika Ultisol Yang Ditanami Jagung Pada Tiga Kelas Lereng: Efek Sisa Pada Musim Tanam Ke II

Yulnafatmawita, Yulnafatmawita and Asmar , Asmar and Gusnidar, Gusnidar and Amrizal, Saidi (2014) Peranan Bahan Organik Segar Dalam Memperbaiki Sifat Fisika Ultisol Yang Ditanami Jagung Pada Tiga Kelas Lereng: Efek Sisa Pada Musim Tanam Ke II. In: FORUM KOMUNIKASI PERGURUAN TINGGI PERTANIAN SE INDONESIA (FKPTPI), 8-10 SEPTEMBER 2014, PADANG. (In Press)

[img]
Preview
PDF
Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (332Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang applikasi bahan organik (BO) segar pada Ultisol yang ditanami jagung ditujukan untuk mempelajari kemampuan pupuk hijau dalam memperbaiki sifat fisika tanah. Penelitian dilakukan di Kebun Percobaan Universitas Andalas Limau Manis Padang. Tiga jenis BO segar diapplikasikan yaitu Chromolaena odorata, Gliricidia sepium, and Tithonia diversifolia sebanyak 20 ton bahan kering (BK)/ha di musim tanam (MT) I pada tiga kelas lereng (3%, 15%, dan 25%). Parameter yang dianalisis yaitu tekstur, kandungan BO, stabilitas aggregate (SA), bobot volume (BV), total ruang pori (TRP) dan produksi jagung. Data diuji keragamannya dengan uji F pada taraf 5%, lalu dilanjutkan dengan Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%, jika terdapat perbedaan dari uji keragamannya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa masih ada efek sisa BO segar yang diapplikasikan sampai MT II pada Ultisol yang ditanami jagung di setiap kelerengan. Sifat fisika tanah etelah panen jagung masih lebih baik dari tanah awal atau sebelum diolah pertama kalinya. Tithonia memberikan efek sisa terbaik bagi SA tanah pada setiap lereng. Demikian juga dengan kandungan BO dan BV tanah pada lereng 3% dan 12%, sedangkan pada lereng 25% yang terbaik diperoleh dari plot Gamal. Bobot jagung basah tertinggi juga diperoleh dari plot diberi tithonia tetapi dari lereng 12%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Ita . Yulnafatmawita
Date Deposited: 16 Sep 2014 13:23
Last Modified: 16 Sep 2014 13:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item