Repository Universitas Andalas

UPAYA PERBAIKAN STABILITAS AGGREGAT TANAH MELALUI PENINGKATAN KARBON ORGANIK PADA LAHAN MARGINAL DI DAERAH TROPIS SUPER BASAH SUMATRA BARAT

Yulnafatmawita, Yulnafatmawita and Saidi, Amrizal and Gusnidar, Gusnidar (2014) UPAYA PERBAIKAN STABILITAS AGGREGAT TANAH MELALUI PENINGKATAN KARBON ORGANIK PADA LAHAN MARGINAL DI DAERAH TROPIS SUPER BASAH SUMATRA BARAT. Project Report. -. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (226Kb) | Preview

Abstract

Penelitian lanjutan tentang upaya pemberian BO segar dalam bentuk pupuk hijau yaitu Titonia diversifolia (titonia), Chromolaena odorata (krinyuh), dan Gliricidia sepium (gamal) ditujukan untuk memperbaiki stabilitas aggregat tanah Ultisol pada lahan yang ditanami cabe dan jagung. Bahan organik segar diaplikasikan pada tahun I (2008), sifat sifik, BO, dan stabilitas aggregat tanah dianalisis di 4 lokasi (Limau Manis, Lubuk Minturun, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Penanaman dilakukan 2 kali (April-Juli dan Juli-Oktober 2009) di Limau Manis Padang dan satu kali tanam di 3 lokasi lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 tahun, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk hijau dapat meningkatkan kandungan BO dan stabilitas aggregat Ultisol, serta memperbaiki BV, TRP, dan permeabilitas dibandingkan tanah awal. Kemudian kondisi fisik tanah dan produksi cabe cendrung menurun sedangkan produksi jagung meningkat dengan waktu. Kandungan BO, stabilitas aggregat, dan sifat fisika tanah yang terbaik serta produksi tanaman tertinggi untuk tanaman jagung diperoleh dari plot yang diaplikasi dengan titonia, dan cabe pada plot yang diberi gliricidia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Ita . Yulnafatmawita
Date Deposited: 26 Sep 2014 02:18
Last Modified: 06 Jul 2015 01:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item