Repository Universitas Andalas

KOORDINASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MANAJEMEN DRAINASE PERMUKIMAN SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RESIKO BENCANA BANJIR DI KOTA PADANG

ANDRI, TIARA (2014) KOORDINASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MANAJEMEN DRAINASE PERMUKIMAN SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RESIKO BENCANA BANJIR DI KOTA PADANG. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tiara Andri. No. BP : 1010843012. Koordinasi Pemerintah Daerah dalam Manajemen Drainase Permukiman Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana Banjir di Kota Padang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2014. Dibimbing oleh Drs. Yoserizal, M.Si dan Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP. Skripsi ini terdiri dari 175 halaman dengan referensi 14 buku teori, 4 buku metode, 6 Dasar Hukum, 4 Skripsi dan 2 website internet. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Koordinasi Pemerintah Daerah dalam Manajemen Drainase Permukiman Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana Banjir di Kota Padang. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan drainase permukiman yang mengakibatkan terjadinya banjir di sejumalah kawasan di Kota Padang ketika turun hujan. Pengadaan serta pemeliharaan drainase, khusunya drainase permukiman tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori 10 Karakteristik Koordinasi yang efektif yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Husaini Usman, M.pd, M.T. Hasil penelitian dengan menggunakan teori 10 Karakteristik Koordinasi yang efektif yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Husaini Usman, M.pd, M.T., menunjukan bahwa koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Tata Ruang Tata Bangunan dan Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Pihak Kelurahan berjalan kurang efektif pada level perencanaan, kurang efektif pada pengorganisasian, tidak efektif pada level penggerakan pelaksanaan, serta tidak terjadi koordinasi dalam tahap pengawasan pembangunan perumahan. Koordinasi pada tahap pemeliharaan drainase permukiman yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pihak Kelurahan sudah berlangsung dengan baik pada level perencanaan, pengorganisaisn, penggerakan pelaksanaan, dan pengawasan. Akan tetapi keterbatasan dana mengakibatkan tidak adanya penanganan lanjutan terhadap drainase. Kata Kunci : Koordinasi, Drainase Permukiman dan Pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 21 Jan 2015 01:09
Last Modified: 21 Jan 2015 01:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item